Pages

Friday, 24 December 2010

KEJUJURAN

Biasanya saya anti sama perawatan ala cewek, seperti creambath, lulur dan teman-temannya. Tapi, karena badan ini udah rentek banget dan udah teriak-teriak minta dipijit, akhirnya saya jalanilah dua jenis perawatan ditempat perawatan (yaiayalah, masa di bengkel!!!) yang ada dideket rumah. Saya pilih lulur dan creambath, dua-duanya yang saya incer cuma pijetannya! hihihi. Kenapa ga ke tukang urut aja sih??? Kalo ke tukang urut kadang yang dipake kan minyak gosok badan jadi bauuuu, daripada cuma begitu lebih baik sekalian manjain badan juga kan? Lumayan, pegel ilang, kulit juga bersih. hihihihiihi

Well, postingan kali ini bukanlah cerita tentang enaknya pijetan si tantenya, atau gimana wanginya lulur susu yang dipake, bukan juga tentang rambut kinclongku yang abis di creambath, tapi  postingan kali ini akan bercerita tentang si pemilik. Pemilik tempat perawatan sederhana yang nyaman dan ramah SI pemilik yang tanpa sadar berikan saya pelajaran kecil yang berharga....

Wanita bertubuh mungil ini dan tetap cantik, menyapa kedatangan saya dengan ramah. Dia tersenyum dan memperlakukan saya seperti layaknya seorang teman. Nyaman bangetlah untuk orang yang pertama kali baru datang ke tempat perawatan tubuh seperti itu. Banyak obrolan yang kami perbincangkan. Salah satunya yang membuat saya salut dan terinspirasi untuk mempostingnya disini adalah saat dia bercerita bahwa dia juga punya salon cukup besar didaerah jakarta. Yang jadi pertanyaan, KENAPA DIA ADA DISINI SEKARANG? Mengelola salon kecil, kurang lengkap, dan letaknya gak strategis kaya dijakarta. :)

Ini dia jawabnya:

" Aku kurang suka kalo ditengah jalan tau-tau ada perubahan. Pelanggan udah cocok dengan obat yang kita kasih di awal, cuma demi uang, obat mau di ganti dengan kualitas yang berbeda. Waktu terapi pelanggan dipersingkat. Pengen dapat untung, tapi kita gak ngasih pelanggan kualitas yang selayaknya dia terima Aku ngerasa gak nyaman dengan keadaan kaya gitu. Jadi aku bilang ke temenku kalo aku milih keluar. Walau tempat ini kecil, kurang lengkap, tapi gak apa-apa daripada harus kaya begitu. Dia (temennya si tante) bekerja karena uang bukan kejujuran. Padahal kejujuran itu perlu, dari hal yang kecil sekali pun......"

Saat dia ngomong begitu, dia sambil mengkeramas rambut saya. Mata saya menatap sekililing ruangan. Dalam hati saya berkata:

"Beruntungnya aku hari ini..,,,"

Terkadang, ditempat yang gak kita duga, kita bisa mendapat pelajaran yang sangat berharga dan bermakna. Maka, bukalah hati dan mata mu kawan, mari kita baca sekililing. Mungkin saja, ada pelajaran yang bisa kita ambil :)


Thursday, 23 December 2010

Tersudut disudut

Aneh ya judulnya? Hehehehehe..... sudahlah biarkan saja. Hari ini aku lelah, lelah dengan rutinitas yang menuntutku mengikuti segala aturan yang ada. Jadi, ijinkan hari ini bagi ku tuk menabrak segala peratruan yang ada.Tidak, bukan berarti aku akan bebas seperti hewan. Aku masih ingat betul fitrahku sebagai manusia. Aku hanya.... lelah, ya aku lelah.... makanya, aku mau posting puisi jelek ini aja. hehehhheheeeee. bukan sembarang puisi nih, hanya puisi selewat yang tiba-tiba terlintas. Daripada mubazir mending ku post disini deh. hehehehehehhe

kelelahan yang tak bisa ku jabarkan,
rasa jenuh yang tak terucapkan,
kebosanan yang melilit jiwa

apa?!
apa yang akan kalian katakan?
gila....
kalian berkata aku gila..
ya, aku memang gila.
sudah kah kalian puas??
sikap kalian telah buat ku GILA!!!

kalian yang paksa ku tuk trus berlari
kalian yang inginkan ku berlaku tanpa cela
kalian yang tuntutku untuk bertutur tak menyinggung kalian

sedang kalian?
sikut menyikut tak kenal tempat
bicarakan aib orang namun lupa aib sendiri
mencuci tangan dengan nama orang lain 
atas perbuatan kalian sendiri

apa kalian sempurna?
ha?
jawablah aku,
jangan hanya terdiam dan tertunduk
apa? 
kau malu?
sudah sekalian lama,
dan ku pikir urat malu kalian sudah putus

aku tak peduli!
aku tak peduli lagi!!!
biarkan aku pergi
biarkan aku keluar dari lingkaran ini
keluar dan menyudahi permainan ini,
karena jiwa ku telah LELAH............






Wednesday, 22 December 2010

Dan aku pun belajar lagi

Pyuh,,,,, baru sampe rumah nih. Capenyaaaa... hehehehheeu.

Well, hari ini ada rapat evaluasi di kampus yang langsung dipimpin oleh kaprodi kami. Dari situ aku belajar banyak hal. Salah satunya, bahwa menjadi ketua itu sulit. Tapi, sulit bukan berarti kita gak mampu kan? Kritik-kritik dari mereka sangat membangun untuk aku. Dan, aku merasa sangat beruntung :)
Banyak hal yang MASIH dan TERUS harus ku pelajari. Diantaranya: TOLERAN PADA ORANG LAIN, KOORDINASI YANG JELAS dan KONTROL EMOSI. Nah, point terakhir ini yang mungkin akan sulit nantinya. ehehehehehe. Jangan melabeli diri ah, hehehehhehehe.

Yah, seperti yang teman saya bilang, ini baru awal dan harus berani untuk ambil konsekuensinya, hari ini untuk pegangan hari esok. Semoga saja dengan evaluasi ini kita bisa lebih baik. Kamu, aku, kita semua :)

BELAJAR DARI HAL KECIL DAN JANGAN KECIL KETIKA MELIHAT YANG SUDAH BESAR :)




Tuesday, 21 December 2010

KESEMPATAN

Beberapa waktu lalu gue dan temen gue sibuk membahas masalah KESEMPATAN. Kami sama-sama "membuang" kesempatan untuk dekat dengan seseorang yang baru kami sadari bahwa mereka BERARTI. Yeah, it's so classic and to late too. Entah kenapa kami sama-sama menjadi bodoh seperti itu, tapi itu semua sudah terjadi. Dan mereka hampir jauh dari genggaman kami. Beruntung buat gue, cowok itu belum punya pacar sampai hari ini, tapi gak buat temen gue karena cewek incerannya udah punya pacar. Lagu kebangsaan kami disaat itu adalah lagu sheila on 7 yang judulnya YANG TERLEWATKAN.

Kami sama-sama berharap, andai kamu punya satu KESEMPATAN untuk memberikan yang terbaik dan menjadikan mereka "milik" kami. Tapi, sayang KESEMPATAN itu tidak kami dapatkan. Walau gue masih deket sama cowok itu, tapi tetep saja ada hal yang buat hubungan kami tidak seperti dulu. Sedangkan temen gue itu juga tetep deket sama cewek itu. Sayangnya, kami tidak tau, bentuk DEKAT seperti apa yang akan kami dapatkan. :))

Satu kesimpulan yang gue dapet, yaitu: SAAT KESEMPATAN YANG KITA HARAPKAN TIDAK KUNJUNG DATANG, KITA BUKA LEMBAR BARU DAN CIPTAKAN KESEMPATAN YANG LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA. :))

Sunday, 19 December 2010

KAJIAN KAMI, KESMAS STIKES BANTEN :)

Sudah hampir dua minggu lebih panitia kajian zoonosis 2010 "ngedabrukan" menyiapkan acara yang bagi semua adalah perdana. Untuk kampus-kampus lain memang hal ini sudah biasa, namun bagi kami hal ini merupaka suatu hal tidak biasa dan pengalaman yang sangat cukup berharga bagi kami. Rapat-rapat yang kami gelar dalam suasana santai tapi tidak ngelantur, candaan, tegang, marah, semua berbaur menjadi satu. Hey, tidak mudah lho "berdamai" dengan ego dari orang yang berbeda karakter. Kami harus beradaptasi untuk menemukan "chemistry" agar bisa tercipta kekompakan, kami juga harus menahan ego dan saling mengerti untuk tidak mendahulukan kepentingan pribadi, kami juga mengorbankan waktu kami demi acara ini. Dan yang luar biasanya KAMI BERSEMANGAT! Padahal awalnya saya pribadi sempat cemas dan bertanya-tanya: akan jalan gak ya acara ini?

Support kaprodi serta staffnya yang diberikan pada kami juga merupakan "OBAT" terampuh untuk kami. Merasa tidak sendiri dan mendapat arahan dari yang l;ebih berpengalaman adalah hal yang berharga sekali. Cemas, putus asa juga terkadang datang menghantui pikiran kami, namun semua itu hilang ketika kami berkumpul dan mengeluarkan unek-unek kami. Karena kami tau untuk apa ini semua kami lakukan. Juga masukan dari teman-teman SENAT MAHASISWA STIKBA.

Tentu dukungan dari teman-teman kami di ISMKMI pun sangat 'mujarab', karena tak lain ini merupakan kepercayaan mereka untuk memilih stikes banten sebagai tuan rumah. Juga pihak IMAKAHI yang telah bersedia membagi ilmunya pada kami. Kakak-kakak dari ISMAPETI yang sudah mau hadir serta rekan-rekan mahasiswa dari UHAMKA, UPN, UMJ, UIN dll yang telah datang untuk menyaksikan kajian ini, sehingga acara bisa berjalan sesuai dengan harapan. Tentunya, kawan-kawan kesmas stikes banten angkatan '08, '03 dan '01 yang terus mendukung kesuksesan acara ini.
Berikut foto-foto yg bisa saya temukan di Camdig saya :)















Wah, lega rasanya karena kajian itu telah terlaksana dengan baik. Hanya tinggal mengevaluasi segala kekurangan yang ada sehingga membuat kami akan semakin baik lagi nantinya :)

Wednesday, 15 December 2010

sedikit curhat :)

Buat lo:

selalu dibilang lucu dan bisa buat lo ketawa, semoga itu bukan berarti kalo gue bahan ketawaan buat lo :)


Sunday, 12 December 2010

OASIS :)

pernah denger kata oasis kan?

yap, oasis adalah sumber mata air yang terdapat di gurun. saat kita dengar kata gurun pasti yang terbayang adalah sehamparan pasir gersang yang kering dan kerontang. bayangkan, apa jadinya kalau kita ke gurun kemudian tersesat dan kehausan? pasti kita akan berjalan untuk mencari sumber mata air. nah, itu lah yang dinamakan OASIS.

OASIS bukan hanya bisa kita temukan di gurun saja, tetapi juga di sekitar kita. apa hubungannya? kalau di gurun, oasis akan membuat dahaga kita hilang, sedangkan oasis dikehidupan adalah SESEORANG YANG MAMPU MEMBUAT KAMU MERASA TENANG DAN SEGAR KEMBALI KETIKA PIKIRAN KAMU BURAM DAN TIDAK CERAH SEPERTI BIASANYA. dia mampu menjadi inspirasi, motivator dan menjadikan hari kamu ceria kembali dengan caranya sendiri dan penuh ketulusan.

nah, siapa sih seseorang yang mampu jadi OASIS untuk diri kamu? lihat sekitar kamu, rasakan kehadirannya. bisa jadi orang tua, pacar kamu, sahabat atau orang yang baru pertama kali kamu kenal sekali pun. dan, kehadiran OASIS itu akan selalu menyisakan jejak dan tidak akan hilang sampai kapan pun .... :)

Saturday, 11 December 2010

THE ACTIVITY

Hei, udah tanggal 11 desember ya? Baru sadar kalau belum ada satu pun hal yang saya post pada bulan ini. heehhehehe #bersalah#

Maaf ya maaf, belakangan ini stresor cukup meninggi. Banyak kegiatan di dunia nyata yang harus saya lakukan. Seperti, menjadi ketua pelaksana dalam suatu acara. Oh God, it's so hard to do! Mungkin untuk sebagian orang lain itu adalah hal yang mudah, tapi bagi seorang awam seperti saya, of course itu sulit, S.U.L.I.T. hey,,,selama SD-SMP-SMA saya menghindar dari kegiatan xkul seperti OSIS, kebanyakan ekskul yang saya ikuti seperti drum band, drama atau karate (cuma setaun, hihihi). Nah pas kuliah kok ya tau-tau bisa kecemplung untuk melahirkan HIMA (HIMPUNAN MAHASISWA) dan langsung ditunjuk jadi ketuanya pula. Oalah,,,, piye iki!!!!

Untungnya aja, I have a lot friends who always help me :). Menolong dan mendukung agar Hima dikampus kecil kami bisa berjalan dengan baik, walau masih banyak kekurangan disana-sini. Namanya juga masih baru, jadi perlu banyak belajar. Seperti yang KAPRODI saya bilang: PERLU PROSES CORAT-CORET DAN JAM TERBANG YANG TINGGI UNTUK JADI BENAR.

Berbekal kata-kata itu dan nasehat-nasehat lain yang saya dan teman2 kumpulkan, maka kita dengan jungkir balik membentuk HIMA yang alhamdulillah telah di acc oleh ketua kampus kami. Banyak teman yang bingung, kok baru ada HIMA? hihihi, yaaa... tentu ada sejuta alasan kenapa sampai begini tapi yang jelas HIMA baru terbentuk sekarang karena dulu-dulu memang banyak yang lebih konsen pada kuliah saja. :)
Mmmm, intinya disini, dalam memasuki dunia baru kita jangan berpikir negatif karena kita akan kalah jika seperti itu. Harus membiasakan otak dengan isi-isi yang positif dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja.
Semangat ya semua! :)

Saturday, 20 November 2010

hello my blog!!!!

udah lama yaaa gak menyapa dunia maya, bukannya sombong atau lupa, tapi komputer kesayangan yang biasa nemenin kalo OL malah rusak. Akibatnya, jadi ngerasa kayak "terbelakang" karena gak bisa akses internet. heheheu *lebaayy*. Mau ke warnet, selalu gak sempet, sampe rumah malem udah gak nafsu duluan deh liat warnet yang bertebaran dijalan. hehehehu.

I miss my blog so much, kangen nulis, kangen blogwalking, kangen baca-baca blog punya orang, hal yang bisa dilakuin diwarnet karena masalah WAKTU. Kan kerasa banget tuh satu jamnya 4000 rupiah, enakan OL di rumah, biarpun bayar juga gak kerasa karena tiap bulan bayarnya. hehehehehehehe

well, malam ini saya berhasil OL dengan nebeng laptop milik kakak sepupuku yang baru pulang dari tempat kerjanya yang entah dimana itu. hehehehu

yeha, gimana nih hidup kalian?? hihihihi, saya ngerasa sangat jenuuhhhh sekali sekarang. Have a lotta duties that seems never end. hohohoho. But I have choosen and I must ready to get all the consequences. hahahaah

So guys, keep on your spirit!!!!





Wednesday, 3 November 2010

KALO LAGI PUTUS ASA

Pernah gak sih ngerasa putus asa? Pasti pernah kan, saat apa yang kita alami dan kita dapatkan gak sesuai dengan yang kita ingingkan. Sangat menyebalkan!!! Semua manusia pasti pernah ngerasain hal itu, termasuk 
G U E 


Kadang gue mikir, kenapa hidup gue begini? Tapi sebagai seseorang yang sudah cukup dewasa, gue harus mampu berkomitmen dengan segala keadaan yang terjadi sama gue, resiko-resiko dari tiap pilihan yang udah gue ambil harus berani gue hadapin. :)

Nah, gue nemu lagu yang liriknya bisa dijadiin andalan kalau kita lagi butuh semangat, kalau kita benar-benar sedang buta saat menatap masa depan, lagu milik SHEILA ON 7 yang nadanya begitu bersemangat dan enak di dengar. Judulnya JALAN TERUS 

Chekidot: 

Hidup memang tak semudah
Waktu kita muda dulu


Panas dingin tak bisa diterka

Strategi hidup bertahan
Dari seleksi Sang Alam

Hidup memang tak seindah

Waktu kita muda dulu

Umur terindah pasti kan berlalu

Strategi hidup bertahan
Dari seleksi sang alam

Panas dingin tak bisa diterka 
Panas dingin tak bisa diterka
 
Maka/ tapi apapun yang terjadi akan ku jalani
Akan kuhadapi dengan segenap hati
Walau ku terluka memang ku terluka
Tak pernah ku lari dari semua ini


Interlude


Belum waktunya kita berhenti

Jangan cepat puas kawan
Bekerja dan terus bekerja
Hingga saat kita tak berguna lagi 

oke gals, apapun yang sedang kita lakukan sekarang, semoga mendapat hasil maksimal yang kita harapkan. JALAN TERUS YOOO!!!!!

Friday, 29 October 2010

Ketika Banjir

Hari senin itu hujan turun dengan lebat, membuat jalanan tiba-tiba berevolusi menjadi lautan coklat. Banjir disana-sini. Eko dan Mila menatap jalanan didepannya dengan putus asa. Sudah berkali-kali mereka mencari jalanan yang bisa mereka lewati, namun hasilnya nihil. Semua jalanan tikus yang mereka lewati, ujung-ujungnya hanya mengantar mereka ke jalanan banjir juga. Eko mendesah, Mila meremas jemarinya dengan gundah.

"Gimana, Mil?" tanya Eko.
"Puter balik aja yuk, kita cari jalan lain..." jawab Mila dengan wajah putus asa.

Eko memandang Mila dengan wajahnya yang memelas. Sudah tujuh jam mereka berputar-putar mencari jalan yang tidak tergenang air, namun tak ada hasil. Dan sekarang harus memutar lagi? O,o,ow.... Tenaga Eko sudah terkuras habis dan ia lelah sekali.

"Kenapa sih, Mil. Lo liat dah yang lain, pada ngedorong motor. Gak apa-apa kok, yuukk. Kalo muter lagi ntar kita gak pulang-pulang." ujar Eko.

Mila diam menatap genangan air dan orang-orang yang berbondong-bondong menerobos air butek itu. Mila bergidik jijik.
"Airnya kotorr, Ekkooo." jawab Mila kesal.

"Yaelah Mil, namanya juga air banjir." balas Eko gusar.

"Gue takut..."

Eko mengernyitkan keningnya, "Takut apa?"

"Ntar pas kita nyebrang, trus ada Hiu gimana??"

"Hah?!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



Thursday, 28 October 2010

Perubahan

Malam ini aku chat dengan om-ku, seperti biasa obrolan kami yang ringan mendadak menjadi ajang diskusi yang cukup alot. Hampir selalu begitu, aku aja heran. ckckckckc. Dan secara tak sadar tiba-tiba topik yang kami bicarakan adalah PERUBAHAN. Yah, sebuah perubahan yang dapat merubah Indonesia. 

Pernah gak sekali saja kita membayangkan perubahan apa sih yang dapat kita lakukan bagi Indonesia? Sebuah perubahan kecil yang memiliki arti....

Well, pendapat saya mengenai perubahan adalah dimulai dari diri sendiri lalu tulari orang lain. Gak mungkin kita melarang orang merokok tapi kita adalah seorang perokok, naif kalo kita kampanye anti narkoba padahal kita seorang jungkie, munafik jika kita teriak antikorupsi sementara uang organisasi kita kantongi sendiri. Sebelum berteriak pada orang lain, terlebih dahulu kita harus bisa mempraktekkan hal itu pada diri kita sendiri. Kapan mulai dan akhirnya?

Sebuah perubahan dalam diri itu dapat di mulai secepatnya, bahkan detik ini juga. Namun, tidak akan pernah ada akhrinya. Karena kita akan dan harus terus belajar, belajar,belajar, serta menggaet orang untuk melakukan perubahan yang sama seperti yang kita lakukan.

Semangat yang ada didalam diri kita, tanpa disadari dapat menulari orang lain dan membuat mereka terinspirasi.

So guys, lakukanlah perubahan kecil yang berarti pada diri kalian, WE CAN DO IT!






BUAT AKU TERSENYUM_SHEILA ON 7_

_Datanglah Sayang Dan Biarkan Aku Berbaring

Di Pelukanmu,walaupun 'tuk Sejenak

Usaplah Dahiku Dan Kan Kukatakan Semua


Reff 1:

Bilaku Lelah Tetaplah Di Sini

Jangan Tinggalkan Aku Sendiri

Bilaku Marah Biarkan Ku Bersandar

Jangan Kau Pergi Untuk Menghindar

Rasakan Resahku Dan Buat Aku Tersenyum

Dengan Canda Tawamu,walaupun Tuk Sekejap

Kar'na Hanya Engkaulah Yang Sangggup Redakan Aku


Reff:
Kar'na Engkaulah Satu-satunya Untukku

Dan Pastikan Kita Selalu Bersama

Kar'na Dirimulah Yang Sanggup Mengerti Aku

Dalam Susah Maupun Senang

Brigde:

Dapatkah Engkau Selalu Menjagaku

Dan Mampukah Engkau Mempertahankanku ...

Tuesday, 26 October 2010

SAJAK SI KECIL

tanganku kurus, berdaging tipis
ibuku tak mampu belikanku susu
air bercampur gula pun ku minum

aku ingin seperti mereka
yang tertawa-tawa bersama orang tuanya
bergandeng tangan, menunjuk benda yang mereka inginkan
tak lama mereka dapatkan

namun apa dayaku,
di perempatan ini ku berdiri
menepuk-nepuk tangan
nyanyikan lagu  dari suara ku yang sumbang

tubuhku yang kumal membuatku tampak legam
pikirku berkelana dan bertanya:
wahai Tuhan, apakah aku masih pantas tuk bahagia?
kenapa aku ada jika harus sengsara?

di siang panas ini ku berdiri tanpa alas kaki
menahan mirisnya hati oleh tatapan jijik
orang-orang berdasi

Tuhan, jika adil itu memang masih ada,
biarkanlah aku merasakannya
walau hanya setitik dan sekejap.

Monday, 25 October 2010

JENIS KEPRIBADIAN MANUSIA


Di siang itu kegiatan kuliah memang telah usai, namun sebelum pulang saya mampir terlebih dahulu ke ruang Kaprodi saya untuk sedikit "mencari pencerahan" dengan berbincang-bincang bersama beliau. Di sana walau sebelumnya gak niat, tiba-tiba saja saya menceritakan hal-hal yang membuat saya tidak nyaman dalam beberapa hari ini. Yah, biasalah usia-usia hampir 20an seperti ini, masa transisi dari remaja ke dewasa utuh pasti diwarnai hal-hal kurang menyenangkan dengan teman yang juga mengalami usia transisi seperti ini. Singkatnya sih, karena kelabilan itu. hehehee.

Akhirnya, daripada saya uringan-uringan terus, lebih baik saya mencari orang dewasa yang dapat dengan bijak memberi saya arahan agar saya tidak semakin terjebak dalam kelabilan seperti itu. Hal yang paling mengena adalah saat beliau berkata, jika didunia ini terdapat tiga jenis manusia. Yaitu:

  • Manusia Putih: Golongan ini adalah manusia yang memiliki hati serta pikiran yang baik. Saat kita berhadapan dengan orang ini, dia akan melayani kita dan meladeni kita dengan kebaikan hatinya. Sejenis manusia menyenangkan yang akan membuat kita bersyukur apabila mengenalnya.
  • Manusia Hitam: Golongan ini merupakan manusia yang tidak segan jika harus menyakiti hati orang lain. Tidak pernah segan apabila membuat orang lain perlahan membenci dan meninggalkannya. Tapi, bertemu jenis manusia ini kita juga bisa bersyukur. Karena, kita telah mengetahui bagaimana harus bersikap dan bertindak saat berhadapan dengan orang ini.
  • Manusia Abu-Abu: Nah, jenis manusia berkepala dan berkepribadian abu-abu inilah yang patut untuk diwaspadai. Kenapa? Karena inilah orang-orang yang disebut HYPOCRITE atau MUNAFIK. Ketika kita berhadapan dengan dia, tak segan dia memberikan senyumnya yang indah, bertutur kata halus, bersikap baik. Namun, saat kita tak bersamanya, tidak menutup kemungkinan dia membicarakan hal-hal buruk tentang kita, berlaku tidak sebaik sebelumnya dan cenderung menusuk kita dari belakang. Tentunya kita bingung dong bagaimana harus bersikap kepada orang-orang jenis ini. Karena, kita tak tahu apakan dia baik, karena sungguh-sungguh atau hanya kepura-puraan.
Well guys, dari semua yang telah dijabarkan diatas, yang perlu kita lakukan adalah BERBUAT BAIK KEPADA SETIAP ORANG. Karena Tuhan tidak pernah tidur dan Dia pasti maha mengetahui apa yang kita lakukan. Jika ada seseorang yang membuatmu sakit hati saat ini, percayalah jika kamu memang benar-benar disakiti, akan ada balasan yang setimpal untuk mereka.

Have a nice day gurls!!!

Friday, 22 October 2010

Ngedate

Ryan sedang berada di rumah Villa - gebetannya-. Sambil tangannya mulai meraya-rayap untuk menggenggam tangan Villa, Ryan berkata:

"Tar nonton yuk beiph."

Mata Villa berbinar, sudah empat bulan belakangan ini mereka dekat. Dan Villa merasa jika Ryan jatuh hati padanya, namun tak pernah sekalipun Ryan mengajaknya jalan berdua. Tak heran jika Villa bersemangat menyambut ajakan Ryan itu.

"Hayuu,,,, kapan-kapan????"

Ryan tampak berpikir, "Mmmm, Malam minggu gimana?"

"Iya, iya, iya." Villa manggut-manggut semangat. Di otaknya dia sudah merencakan baju apa yang akan dipakai serta apa saja yang akan mereka lakukan nanti. Mmmm, mungkin Ryan mau nembak gue juga kali yah. Pikir Villa.

"Oke, kalo gitu kita ajak Gito, Arman, Tika, Rusdi, Melly dan yg lain yah . . . . . "

"Haaahh???????"

Villa pun kembali manyun.

[heheheeee]

Thursday, 21 October 2010

Rokok oh ROkok


tiga hari kemarin dari tanggal 15-17 oktober saya mengikuti rapimwil ISMKMI (IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA) WIL II dan TC (TOBBACO CONTROL). dalam acara itu terdapat kajian serta seminar mengenai pentingnya pengendalian rokok. saya rasa kita semua tahu jika rokok itu merupakan barang legal yang kurang normal. maksudnya? rokok memang sudah menjadi barang biasa yang kita temui sehari-hari ditangan pria-pria atau bahkan wanita. namun, jika mau membuka mata dan hati serta lebih perhatian terhadap masalah kesehatan, jelas kita akan menemukan fakta bahwa zat-zat yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya. misalnya, kandungan TAR yang dapat berkumpul didalam paru-paru dan lengket sehingga mengganggu ke-elastisan paru-paru, ASETON yang biasa digunakan dalam cairan pembersih cat kuku-kuku, NIKOTIN dan beribu-ribu zat-zat lainnya. sedih gak sih melihat orang-orang terdekat membakar rokok dan membiarkan racun-racun itu masuk ke tubuh mereka? huhuhu, rasanya pedih banget. seperti membiarakan orang-orang yang ingin bunuh diri.

maka, secara perlahan mari kita beri pengertian kepada orang-orang yang kita sayang agar mengurangi konsumsi rokok, agar meraka jauh terlihat sehat dan menarik. semangat! :D

Thursday, 7 October 2010

TUGAS YANG SALAH KAPRAH

Hallo blogger, saya bangkit lagi nih didunia blogging setelah beberapa minggu ini akun saya"pingsan" karena kesibukan saya di dunia nyata. *CAILAH, GAYA BANGET* heheehhee.

Well, masuk kuliah dan aktif lagi memang baru beberapa minggu tapi tugasnya sudah seabrek. Tumpukan gosokan baju dirumah saya mungkin kalah banyak dibanding tugas yang saya miliki (LEBAY LAGI. :P)

Salah satu dosen "BAIKHATI" yang memberi saya tugas adalah dosen bahasa inggris saya. Sebenarnya sih saya cinta banget sama yang namanya bahasa inggris dan selalu berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik dalam subjek itu. Tapi saat itu rasanya beda. Tugas kelompok itu rasanya banyak banget, apalagi kalo ngeliat diktatnya yang tebel. Huhm, liatnya juga males.. -___-

Nah, biar gak terlalu strees saya dan teman-teman saya sepakat mengerjakan di BS Junction. Sebelumnya, kami mampir dulu di ITC yang letaknya bersebrangan dengan Junction. Karena udah terlalu asyik duduk di ITC akhirnya kami sepakat untuk mengerjakan tugasnya di foodcourt ITC. Kami mengeluarkan alat tempur kami, berupa: KAMUS BAHASA INGGRIS YANG TEBEL, DIKTAT YANG NGGAK KALAH TEBEL. udah keliatan mahasiswa rajin aja kami. hahahahaha.

Setelah hampir berjam-jam duduk manis di foodcourt ITC, kami memutuskan muter-muter sambil menemani teman saya yang mau beli sepatu. Nah, baru deh abis itu kami lanjutin belajarnya lagi di Junction. Tapi, acara belajarnya kali ini gak berhasil karena kami lebih tertarik buat foto-foto di wecam netbooknya teman saya. hehehhee

Nah, yang resenya. Saat hari "H", ternyata tugas yang kami buat kurang benar. Saya dan teman-teman membagi tugas dengan tiap satu orang mengerjakan satu unit, namun ternyata yang terjadi adalah: TIAP ANGGOTA HARUS MENTRANSLATE TIAP PARAGRAF YANG DIBACAKAN OLEH TEMAN YANG LAINNYA. Well, buat saya itu bukan hal yang terlalu ribet, tapi untuk dua orang teman saya yang lain.. o, o, ow... mereka sibuk sendiri dan gelagepan. Akhirnya kami buru mencari arti2 dari kata yang kurang dimengerti dan bisik-bisik pelan saat girilan mereka untuk mentranslate. huhuhuhuhuhuhu

Well, sekian dulu yah. tugas masih menanti dan mata juga udah sepet banget, Night All. :)


Tuesday, 28 September 2010

For who ever you are

Baby I don't know who you are. You, that will be my last, that will be my leader and that will be my partner life. I just wanna write this. Write something that hit my head so hard, write something that always whispered by my heart. Who ever you are, trust me when I said "I miss you and can't wait till the time make us meet each other". Yeah, I want you here. Stay with me, walk in my right side, protect me, treat me as a princess and walk hand in hand to through this life.

Baby, I don't have any idea bout you. I just making sure my heart if you still do your life duty that make us can't see each other. But, believe me babe, I will stay here and do my duty. So, when us meet each other we will became a solid team and we will love each other.

And baby, I don't who you are, but you must know that I will be there when you wait and looking for me. :)

*For, who ever that will be my last and I don't know who is he.*


Friday, 24 September 2010

BERAT BADANMU, BERAT BADANKU

Saat kita sedang berjalan dan ada orang bertanya, "Berapa berat badanmu?"

Bagaimana sih rasanya? Bagi yang bertubuh subur (baca: gemuk), rasanya kesal dan malu untuk menyebutkan angka berat badannya. Lha wong, sama timbangan aja musuhan. hehehehehe. Sedangkan untuk orang dengan berat badan kurang (Baca: K.U.R.U.S), juga tidak bisa bangga. Seolah-olah orang tersebut ingin meledek walau sebenarnya sama sekali tidak bermaksud seperti itu. 

Nah, gimana sih supaya punya berat badan ideal? Untuk yang kurus, anda hanya tinggal menambah porsi makan, akupuntur, atau mengkonsumsi vitamin atas saran dokter. Kalau yang kegemukan gimana?? Ya, DIET.Tapi, sebagaimana yang kita ketahui, diet itu bukanlah hal yang gampang. Saya pernah mencoba diet bahkan sampai memakai korset supaya perut terasa cepat kenyang setiap makan , tapi rasanya sulit sekali. Sehari-dua hari saya masih kuat untuk nahan keinginan makan yang banyak. Tapi, dihari ketiga saya gak kuat dan akhirnya makan sepuas-puasnya. Dendam sekali melihat makanan, deh! Hehehehehehe. :P

Namun, jangan takut. Masih banyak cara untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Saya mendapat tips diet dari dosen saya yang sangat mudah dan tidak mengandung efek samping seperti halnya jika kita mengkonsumsi obat pelangsing yang banyak dijual di apotek. Mau tahu dietnya gimana? Cekidot gan!!!!

Diet I:
* Pagi, sarapan dengan sepiring pepaya dan minum air putih
* Setelah itu sampai jam 12 siang tidak makan apapun kecuali minum air putih
* Ketika jam 12-2 siang silahkan makan apapun sepuasnya dan sekenyang-kenyangnya.
* Jam 2 siang-7 malam tidak mengkonsumi apapun kecuali air putih.
*Jam 7 malam, makanlah pepaya satu piring dan minum air putih.

Pepaya yang telah dikonsumsi akan mengeluarkan lemak dalam tubuh melalui proses BAB, sehingga jika hal ini dilakukan secara teratur dalam satu minggu berat badan akan menyusut. Salah satu teman saya yang sudah mencoba cara ini mengakui jika dalam satu minggu berat badannya telah turun 4 kg.

Lalu, bagaimana bagi anda yang tidak menyukai Pepaya? Anda dapat mengkonsumsi 2 buah pisang  dan air putih saat sarapan. Karbohidrat yang juga terkandung dalam Pisang akan menyediakan energi bagi anda sampai jam makan siang tiba. Saat jam makan siang, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan apapun sekenyangnya, dan saat malam hari anda kembali mengkonsumsi pisang dan juga air putih.
Dosen saya menggunakan cara ini dan terbukti tubuhnya masih saja langsing hingga hari ini. :)

Kalau anda juga tidak suka dua jenis buah-buahan tersebut diatas, anda masih tetap bisa diet. Caranya, anda tidak perlu mengkonsumsi apapun. Cukup konsumsi apel sebanyak tujuh kilogram sehari.

Gimana? Jenis diet yang mudah, alami dan aman dari efek samping bukan?

Well, akhir kata, selamat mencoba kawan!!! :)

sumber: Bu Tirta Yenti, SKM MM

Wednesday, 22 September 2010

Yang Penting Ikhlas

Pagi blogger, gimana harimu kemarin?

Saya kemarin main kerumah teman saya di daerah Prumpung, Kab. Bogor. Sebenarnya kami ini sama-sama tinggal di daerah kabupaten Bogor, tapi entah kenapa daerah tempat tinggal saya sangat lebih jauh dari pusat kota Bogor, sepertinya daerah saya daerah buangan ya. Padahal, Bupati kabupaten Bogor yang sekarang asalnya dari daerah saya, tapi kok ya masih sedikit sih pedulinya sama daerah kelahiran sendiri??? *curcol* heheheee.

Oke, pulanganya dari rumah teman saya, saya naik kereta tut-tut-tut yang udah butut. Awalnya saya kaget sendiri pas lihat keretanya dari jauh, banyak banget spiderman dan supermen alias penumpang yang duduk di depan lokomotif (bukan didalam, ya) dan penumpang yang duduk di atas atap kereta. Saat saya ngelongok ke dalam kereta, ternyata tidak terlalu penuh, thx to spiderman dan superman itu. :), hahahahaha. Awalnya saya gak dapat tempat duduk, jadi berdiri dengan pose yang gak banget karena rada kesel sama pedagang yang tetep maksa masuk walau keadaan penumpangnya sendiri udah susah untuk berdiri, jadi deh tuh pedagang nyenggol-nyenggol saya, gimana gak keki coba? huhuhuhu.

Akhirnya, saya dapet tempat duduk juga setelah menunggu berabad-abad (hiperbol sangat, :P). Tapi, belum lama saya duduk, datanglah seorang pengemis  yang berusia remaja. Dalam hati saya miris lihat anak remaja itu berngesot-ngesot di lantai kereta yang kotor dan meminta-minta pada para penumpangnya dengan rada maksa. Padahal, dia kuat untuk bekerja dengan pekerjaan lain. Masa masih remaja cuma bisa ngesot-ngesot doang sih, enggak kan? Karena faktor itu saya jadi kurang sreg untuk memberinya uang. Tapi, tiba-tiba mbak yang duduk disebelah saya berbalik badan dengan wajah yang nunjukin kalo dia jijik.Saya tanya kenapa mbak itu balik badan, si mbak nunjuk ke arah pengemis yang sedang batuk-batuk. Saya tanya lagi, "Ngapain dia mbak.?"
Si mbak jawab, "Muntah dia."
Ooowwww.... ya, dia muntah di samping mbak itu. 

Well, wajar aja sih kalo si mbak itu jijik, tapi kok saya juga jadi kasian ya sama si pengemis remaja berambut pirang itu? Saya mikir, apa dipaksa atau karena ada lain sampai-sampai lagi sakit aja masih harus ngesot-ngesot dan minta-minta ke penumpang kereta? 

Karena kasian lihat dia, akhirnya saya ngasih aja sedikit uang ke dia supaya dia juga mau pergi, untung bapak-bapak di depan saya juga ngasih jadi deh dia pergi mengesot-ngesot lagi.

Saya sempat mikir, apa itu modus baru dalam dunia perminta-mintaan? Trik muntah didepan penumpang yang bilang "Maaf" sambil senyum tanpa melemparkan koin padanya? Tapi, apa iya ada yang mau rela memuntahkan isinya lagi demi uang 500 perak atau 1000 rupiah saja?

Ah, apapun itu yang penting kita ikhlas menolongnya, kalo pun dia bohong toh dosanya di tanggung sendiri oleh dia. hehehehehe. :D

Tuesday, 21 September 2010

Kakiku masih mampu tuk menopang
beban ini
Diamku masih sanggup tuk cegah
ucapan kasar ini
Namun, sampai kapan ku harus
mematung dan berdiam diri?
Sementara engkau berkemas-kemas
hendak  pergi.......




Saat Kita Berjalan dan Belajar

Selamat pagi blogger!!! Pagi ini saya memutuskan untuk bangun dari tempat tidur saya setelah adik bungsu saya was-wes-wos gak jelas nyanyi lagu Eanie Meanie-nya Justin Bieber. Dengar artikulasinya yang gak jelas itu sukses bikin saya pusing. Hohohohoho. -__- makanya saya langsung kabur. hihihihihi.

Well, kemarin saya dan temang-teman saya nonton film Sang Pencerah.Waw, wajib tonton banget deh tuh film!!! Film itu memang film autobiografinya Hadji Ahmad Dahlan, tapi si sutradara cerdas Indonesia, Hanung Bramantyo, serta para pemain yang berkelas seperti Lukman Sardi, Zazkia Adya Mecca, bahkan aktingnya Ihsan Taroreh si bintang Idol sangat memukau hingga berhasil membuat film itu begitu apik dan mengandung banyak sekali pesan yang begitu dibutuhkan oleh manusia-manusia jaman sekarang.

Ahmad Dahlan sangat tidak takut ketika dia  harus berbeda pendapat dengan kyai-kyai yang usianya lebih uzur daripada beliau, bahkan beliau juga berbeda pendapat dengan kakak iparnya. Namun, Ahmad Dahlan tetap berjalan sesuai dengan prinsip yang telah dipelajarinya dan ia yakini jika itu benar. Ahmad Dahlan tidak ragu untuk menggunakan kursi, meja, papan tulis, biola yang pada zaman itu lebih dikenal sebagai barang-barang milik orang kafir. Dan, dengan cerdasnya Ahmad Dahlan membuat seorang kyai malu dengan  kata-katanya sendiri tanpa pernah Dahlan menggunakan kata-kata kasar. Walau banyak orang yang bersebrangan dengannya, Ahmad Dahlan tidak menyerah untuk membuat orang percaya jika Islam bukan agama mistik atau penuh takhayul. Bahkan Ahmad Dahlan ingin agar orang mengenal Islam sebagai suatu agama yang indah dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Agamamu-agamamu, Agamaku-agamaku, atau istilah jaman sekarang: ELO-ELO, GUE-GUE. hehehehe. ^^.

Ada satu kalimat dari Nyai Walimah, istri Ahmad Dahlan, saat Dahlan berkata jika ia tidak tahu apa yang ia lakukan adalah sesuatu yang benar atau yang salah. Sang istri dengan bijak menjawab: "Jika kita tahu apa yang kita lakukan benar atau salah, kita tidak akan pernah belajar". 

Ya, saya rasa nyai Walimah benar. Saat kita tidak pernah tahu apa yang kita lakukan benar atau salah, maka kita tidak akan pernah berhenti untuk belajar dan mencari tahu. Andai kita lebih dulu mengetahui jika kita salah atau benar, pasti rasanya malas untuk belajar dan mencari tahu kebenarannya. 

Dari film ini, banyak hal yang bisa kita pelajari. Arti toleransi yang sebenarnya, kesetiaan, komitmen, perjuangan, ketegasan pemimpin, dan arti sesungguhnya wanita bagi seorang pria. Ini semua menurut saya sudah jarang sekali ditemukan saat ini. Setuju? :)

Maka, sayang sekali kalau film ini sampai dilewatkan meski anda bukan muslim sekalipun. Jadi, coba deh ke bioskop dan tonton film ini, banyak sekali hal-hal yang bisa kita dapatkan dan kita pelajari. :D

Sunday, 19 September 2010

Lagu-Lagu

Suatu hari adik saya yang paling kecil datang ke kamar saya dan bilang, "Kak, setel lagunya justin bieber dong yang Baby."

Saya mandang dia gak percaya. Tapi dia tetap minta saya buat nyetel lagunya Justing Bieber yang berjudul Baby. Setelah saya setel, dia terlihat begitu menikmati lagu Justin yang memang asyik dan easy listening. Adik saya yang gak fasih berbahasa inggris pun jadi nyoba-nyoba ngikutin nyanyi lagu itu walau hasilnya malah belepetan gak jelas. 11-12 sama orang lagi baca mantra. Di situ saya takjub, adik saya itu masih kelas 3 SD sedangkan lagu-lagu Justin Bieber sama sekali bukan untuk anak-anak seumuran dia. Dan, setelah saya pikir, adik saya yang satu lagi pun tidak jauh berbeda. Anak kelas 6 SD itu gemar sekali dengan lagu-lagu milik Changcuters dan band-band yang selalu bikin lagu khusus untuk remaja dan dewasa. Dan, sepertinya 'keterpaksaan' untuk menyukai lagu-lagu orang dewasa bukan hanya terjadi pada adik saya. Tetapi juga melanda anak-anak kecil lainnya.

Hal itu saya rasa karena saat ini telah terjadi 'kelangkaan' penyanyi cilik. Tidak seperti saat tahun 90an atau zaman saya seumur mereka yang banyak sekali memiliki penyanyi-penyanyi cilik. Siapa yang tidak mengenal Joshua dengan lagu "di obok-obok", Eno Lerian "Dudidam", Chiquita Meidy "kukukuku", Trio Kwek-Kwek dll.

Coba bandingkan dengan sekarang, mana penyanyi anak-anak yang terdengar gaungnya? Duh, sudah langka sekali sepertinya. Masih untung sekarang sudah ada acara anak-anak seperti Jalan Sesama, Si Bolang, Laptop Si Unyil sehingga membuat adik-adik kita bisa merasakan bahagianya menjadi anak kecil yang tidak menonton sinetron-sinetron meaningless yang banyak beredar sekarang ini.

Yah, sekarang sih saya mencoba untuk mem'PDKTan' adik saya dengan lagu-lagu seperti SATU NUSA SATU BANGSA, IBU KITA KARTINI, dan lagu-lagu wajib lainnya. Berhubung, gak tau lagu anak-anak yang bagus sekarang tuh apa. hehehehehehehehe

Saturday, 18 September 2010

Nama

Yang namanya lebaran dan liburan pasti bikin kita bisa berkumpul lagi dengan anggota keluarga lain yang jarang ditemui. Begitu juga dengan keluargaku yang tersebar dimana-mana. Saat mudik kemarin, dihari terakhir kami mau pulang, kami bertemu dengan om ku yang sudah beberapa tahun bener-bener gak ketemu. Saat kami dalam perjalanan pulang tiba-tiba adikku yang paling kecil bertanya, " Kak, Tulus tuh artinya apa sih?"

Sebelum jawab, aku diem dulu. Anak kelas 3 Sd ini denger darimana tuh kata? Kemudian ku jawab, "Tulus itu artinya sikap seseorang yang berbuat sesuatu tanpa pamrih, Iklas."

"Oh, Tulus itu Iklas ya, Kak?" tanya dia memastikan.

"Iya." kataku.

kemudian, dia manggut-manggut dan bilang, "Berarti Om Tulus itu Om Ikhlas, dong. Aku manggilnya Om Ikhlas aja ah.!"

?????

Friday, 17 September 2010

Jalanan


 jalanan dari dalam mobil  



Malioboro oh malioboro

Apa kabar blogger??? Baru bisa posting lagi nih, maklum habis mudik ke kampung halaman orang tua. Males ke warnet dan sinyal juga dikit jadi gak bisa ngeblog deh. Heheheheh.

Lebaran kemarin, saya dan keluarga berangkat mudik ke Kutoarjo dan magelang. Tujuan pertama kita adalah Kutoarjo yang jadi kampung halaman ayah saya. Dari Kutoarjo kita baru ke Magelang, kampungnya Ibu. Karena dua adik saya ribut pengen ke Malioboro, akhirnya perjalanan ke Magelang muter lewat Jogja supaya bisa mampir ke Malioboro. Kita berangkat setelah solat Zuhur. Yang bikin heran, kok ya jalanan tetep aja macet walau gak parah-parah banget. Jalannya ngerayap-rayap pelan. Tapi karena pemandangannya emang bagus, jadi gak terlalu jadi masalah deh. Setelah berpegel-pegel ria di mobil, akhirnya mata kita nemuin titik cerah bahwa MALIOBORO sudah dekat. Rasanya senang sekali!!! Karena jalur yang biasanya tinggal lurus itu di tutup, kita pun muter lewat jalan yang saya tak tau namanya. Dan, taarrraaaaa.... Kami mendapati antrian mobil yang paaaannnnnjjjjjjaaaanggggg sekaliiii. Saya cuma bisa telan ludah. Glek!!! Mau masuk sana jam berapa? Belum cari parkir yang sama susahnya dengan cari jarum ditumpukan jerami sedangkan waktu sudah menunjukkan jam 4 sore dan tanteku yang cantik sudah terus-terusan bertanya: "Unu udah dimana? si mbah nanyain terus tuh." Walah-walah. Akhirnya kami putuskan untuk keluar dari antrian dan tanjap gas menuju Magelang.

Jalan yang berliku dan berlinang hujan menyambit kami dalam perjalanan menuju magelang, setelah itu kami terjebak macet di Tamanagung (gak tau nama daerahnya) sampe ke Londo atau Blondo gitu, karena ada perbaikan jalan. Mobil cuma bisa maju sesenti doang, oke lebay. Maksudnya, jalannya ngerayap pelan-pelan, dari jam 5 sore baru bisa jalan dengan lancar sekitar jam 7an. Bisa bayangin kan gimana sebelnya nunggu?? Untung kami sempet berhenti sebentar untuk solat magrib jadi bisa berdiri sebentar itung-itung ngerenggangin badan yang pegel.Gara-gara macet dan rute yang mutar jauh, saya dan keluarga saya baru sampai Magelang jam setengah 9. Hah, betapa LANCARNYA jalanan saat ini!!!!

Nah, blogger sekalian, gimana libur lebarannya??

Thursday, 9 September 2010

Lebaran Lebaran!!!

Gak terasa ya bulan ramadhan sudah resmi berakhir sejak azdan magrib tadi berkumandang. Padahal, rasanya baru kemarin bangun males-malesan tiap jam setengah 4 dinihari dengan cara bangun yang gak seksi untuk saur, baru kemarin rasanya solat isya berjamaah dilanjut taraweh dan witir di mushola. Juga, mesti tutup kuping untuk bisa tidur karena tiap jam setengah 3 mendadak mushola ramai dengan suara tabuh2an untuk bangunin orang saur padahal saya lagi usaha buat tidur! huhuhu. Serta, baru kemarin juga rasanya telinga ini menjadi damai tiap dengar nasyid-nasyid yang berkumandang di mushola. Bulan yang indah dan penuh berkah itu telah berakhir sekarang. Kok jadi terharu yah?? Semoga aja taun depan masih dikasih kesempatan untuk bertemu Bulan Ramadhan lagi karena ibadahnya masih banyak yang bolong-bolong, hehheeh. Amien.

Ramadhan dan lebaran gak bisa dipisahin sama istilah yang satu ini. Istilah yang entah darimana asal dan mulanya. Sebuah kata yang bisa membuat isu politik menjadi tergeser karena rupanya istilah ini lebih punya karisma tersendiri bagi kebanyakan warga Indonesia. Apa sih itu? M U D I K ato P U L K A M ( Pulang Kampung). Ada yang  tahu gimana asal mula kegiatan ini? Yang jelas kapanpun mulainya, tradisi ini sudah menjadi begitu penting dan suatu kebutuhan yang sangat berarti untuk masyarakat perantauan. Setelah sekian lama hidup terpisah dari keluarga besar di kampung halaman, tentunya berkumpul bersama menjadi suatu kesempatan yang langka. Menjadi dekat dengan keluarga yang jarang ditemui, makan bersama, bercanda, istirahat sejenak dari semua rutinitas yang membosankan dan meruwetkan. Totally Refresing!!! Dan ternyata mudik juga membawa berkah lho! Tiket-tiket bus, kereta, pesawat, kapal tentu ludes terjual. Pendapatan tol juga berlipat ganda banyaknya. Penjual asongan dan kaki lima juga gak kelewatan ikut kecipratan rezeki juga. Wah, pokoknya kegiatan mudik itu bisa memberi berkah juga untuk sodara-sodara kita yang lain. :)

Buat para blogger yang mudik, hati2 dijalan yah ...... Minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir batin. :)

Tuesday, 7 September 2010

Rambut

Seperti biasa kemarin siang aku main ke  tempat tetehku. Tujuannya sih mau numpang nonton film gara-gara DVD di rumah lagi angot, huhuhuhuh, kasian ya?? hehehehehe. Pas sampai sana, tumben-tumbenan ponakanku yang baru berumur 3 taun nyambut kedatanganku dengan senyum lebarnya. Dia langsung gelendotan minta di gendong.

Tiba-tiba tangannya dia iseng mainin rambutku dan dengan santainya bilang : "Rambut tante kaya mie," dan dia nyengir lebar.....

huhuhuhuhuhuh

Monday, 6 September 2010

Blackberry asli


A: eh, BB keren ya!

B: iya, emank keren. Baru sadar lo?

A: Nggak sih, tapikan sekarang banyak banget BB palsu.

B: AH, gampang kok bedain antara BB asli dan BB palsu.

A: Gimana caranya tuh?

B: lo liat aja BBnya, kalau ada telpon masuk tulisannya incoming ato bukan.

A: Oh, gitu ya...


Thursday, 2 September 2010

Beterai

Kemarin dengan kesadaran penuh mengingat si cammy (camdig saya) tidak ada baterainya, sehingga gak bisa berfungsi beberapa hari ini. Saya hendak beli baterai untuk dia. Berhujan-hujan ria di iringi lagu ratapan anak diri (lebay! haaha), diantara petir-petir yang menggelegar, disela-sela angin yang bisa menerbangkan saya, saya pergi ke sebuah minimart yang menjamur dimana-mana. Minimart ini berinisial I, silahkan anda tebak sendiri. Hehehehe.

Dengan PDnya saya masuki toko itu. Saat masuk, saya udah bisa melihat beberapa baterai AA yang memang saya butuhkan. Beterai ini gak seperti beterai bermerek alkaline lainnya. Di bungkusnya ada tulisan RECHARGE. Warnanya juga lucu, segar dengan nuansa hijau. Tanpa babibu dan pikir-pikir lagi, saya bawa tuh baterai ke meja kasir.

Sambil nunggu mbak-mbaknya mulai ngelayanin saya. Saya bengong-bengong sambil lirik-lirik benda apa saja yang dijual di toko itu. Saya baru nengok waktu mbaknya bilang, "Lima puluh lima ribu." Dengan tampang yang di cool-cool'in, mata saya tertuju ke komputer yang ada di meja kasir. Di layar komputer itu menunjukkan angka Lima Puluh lima ribu yang ngebuat saya terkaget-kaget.

What?!!! Batere doang LIMA PULUH LIMA RIBU?!!!! DUA BIJI DOANG LIMA  PULUH LIMA RIBU!!!! WHAT THE........

Rada nggak rela, saya ngambil uang lima puluh ribuan dan sepuluh ribuan. Setelah dapet kembalian saya senyum sama si mbaknya dan keluar dari toko. Dalam hati, rasanya mau nangis. Uang lima puuh ribu padahal lagi saya sayang-sayang karena ada yang mau saya beli tapi ternyata tuh uang amblas cuma untuk DUA BUAH BATERE DOANG!!!!

Ugh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Wednesday, 1 September 2010

SEBUAH NAMA


”Honey doll?”
”Hmm,,,?”
”Lo namain flasdisk loHoney Doll?”
“Terus?”
“Nggak salah?”
Aku menggeleng, “Enggak.”
“Kenapa Honey Doll?”
“Kenapa lo harus repot-repot nanyain hal itu?” ku pandang ia dengan tatapan jengkelku.
”Kasih gue alasan.” ia masih memandang layar laptop lekat-lekat.
“Nggak ada alasan apapun, kok.”
“Pembohong.”
“Apa?”
“Elo, elo pembohong.”
“Enggak. Gue bukan pembohong.”
“Ya, elo adalah pembohong.”
“Eh, apa sih mau elo?”
“Alasan. Kasih gue alasan lo.”
“Alasan untuk apa?”
“Orang macam apa sih lo?!” dia memandangku galak. “Gue nanya, kenapa lo ngasih nama flasdisk lo, Honey Doll?” ia melunakkan suaranya.
Ku atur nafasku lalu ku palingkan wajahku dari matanya yang menatapku lekat-lekat “Elo manggil gue begitu.”
“Gue?”
“Iya. Nama itu pemberian elo. Elo pasti lupa. Iya kan?”
“Enggak. Gue inget.”
Ku pandangi wajahnya yang kini sudah tidak lagi tertuju pada layar laptop.”Kenapa lo keliatannya sangat terkejut?”
“Masa? Enggak ah.”
“Keliatan dari wajah lo.”
“Apa gue salah manggil elo dengan nama Honey Doll?”
“Jujur, gue suka nama itu.” Ku hembuskan nafasku pelan-pelan, teratur. “Karena, elo yang ngasih nama itu untuk gue.”
“Apa? Elo suka nama itu karena pemberian gue?”
“Iya. Lo bilang kalau gue adalah Honey Doll buat lo.” Aku menatapnya ragu untuk menilai ekspresinya.
”Apa lo inget arti nama itu apa?”
“Iya, gue  inget.”
“Kasih tahu gue artinya.”
“Honey doll adalah seseorang yang selalu mendengarkan elo saat elo punya masalah, dia juga bisa lo peluk ketika elo butuh kedamaian dan dipundaknya elo bisa nangis saat elo ada masalah. Dia juga teman yang setia.”
 “Benar, tapi dia nggak terlalu baik juga.”
“Maksudnya?”
“Honey doll hanya bisa mendengarkan, dia nggak pernah bisa memberi lo nasihat atau masukan untuk lo. Dia terlalu pasif. Dan, dia nggak cocok untuk merefleksikan diri lo lagi.”
Aku terdiam. Dalam hati, ku omeli tindakan terbodoh serta tertolol yang pernah ku lakukan yaitu menamai flasdisku dengan nama Honey doll serta membiarkan si rese ini membacanya. Aku sangat malu.
”Hapus.”
Ia yang sedang sibuk mengetik, menoleh dan memandangku takjub. ”Apa?”
”Hapus.” ulangku.
Ia masih tak mengerti, ”Apanya yang dihapus?”
”Nama Honey doll di flasdisc gue.”
“Elo yakin?” ia memastikan.
“Banget.” jawabku singkat.
Aku menahan nafas ketika jari-jarinya mulai bergerak untuk menghapus nama yang sangat berarti untukku itu. Dalam hati aku sedikit tak rela dan menyalahkan sikapnya yang terlalu polos padahal dia masih bisa untuk memaksaku untuk tidak menghapus nama itu. Tapi dia tidak melakukannya.
Ia menoleh dan memandangku. ”Selesai”. Katanya. Ia memutar layar laptop agar menghadap ke arahku. ”Lihat ini.” perintahnya seraya memamerkan sebuah nama.
”Honey Bee.” aku memandangnya, ”Apa itu?”
Ku lihat ia menarik nafasnya dalam-dalam, ”Gue udah bilang tadi kalau Honey doll udah nggak cocok lagi untuk lo.”
”Lalu?.”
”Nama ini lebih cocok untuk lo.”
”Honey Bee?”
”Ya, Honey Bee yang berarti Lebah.”
”Apa gue mirip lebah?”
Ia menatapku lembut, kemudian tersenyum lalu berkata, ”Karena lebah bisa menyengat seseorang agar ia kembali bersemangat saat ia dalam keadaan terpuruk. Lebah madu juga suka menghibur seseorang dengan bentuknya yang lucu, serta ia bisa membuat orang lain termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi saat melihat kelincahan lebah madu saat ia terbang.” Ia menarik nafas panjang, digenggamnya erat tanganku. Kemudian ia melanjutkan, ”Tanpa lo sadari, selama beberapa bulan terakhir ini elo dengan berani udah menyengat gue agar gue kembali bersemangat ketika gue terpuruk, elo juga nggak pernah bosan untuk selalu menghibur gue sehingga ada warna tersendiri yang elo buat dihidup gue. Yang nggak kalah penting, elo selalu bergerak dengan penuh semangat, itu membuat gue termotivasi.”
Aku diam dan dengan seksama mendengarkan penjelasannya tentang arti nama Honey Bee. Wajahnya yang tersenyum kini memenuhi bola mataku. Tanganku masih dalam genggamannya yang begitu hangat.
”Honey Bee, apa lo suka nama itu?”
“Sangat.”
“Honey Bee.”
“Ya?”
“Gue sayang elo.”
Dan bibirnya menyentuh keningku lembut.

Tuesday, 31 August 2010

Sebentar Lagi

Malam ini tepat puasa memasuki hari yang 21. Coba hitung saudara-saudara berapa hari lagi kita akan merayakan kemenangan? Pasti udah pada nggak sabar ya? heheheheeh.

Kalau diperhatiin, menjelang idul fitri kali ini, mushola yang sebelumnya ramai tiba-tiba berubah menjadi sepi. Ya, sepi. Jika diawal puasa mushola bisa penuh sampai ke bagian luar, menjelang akhir seperti ini justru mushola terlihat lowong sekali. Bahkan jika anda mengantuk, tidur sambil telentang pun pasti bisa. Karena memang tempatnya jadi begitu luas. Hohohoho. 

Mari kita bandingkan dengan pasar dan pusat perbelanjaan. Wuih, penuhnya amit-amit deh! Hari minggu kemarin, saya Ibu saya serta adik-adik mengunjungi WTC serpong dan manusia yang datang kesana banyak sekali. Tempatnya penuh banget! Uh, sampe pusing. Tapi wajar aja sih, karena seolah menjadi tradisi bahwa menyambut hari yang fitri ini kita butuh berbagai peralatan untuk merayakannya.

Sepertinya nggak lengkap mungkin ya jika berlebaran tanpa ada kue-kue seperti nastar (fave saya, :P), putri salju, kastengles dll. Juga tanpa opor ayam, rendang dan KETUPAT. Nah, makanan itu tuh yang paling di tunggu biasanya kalau lebaran. Tapi kok, saya kurang doyan yah? hehehehhe.

Nah, buat para blogger sekalian, selamat menyempurnakan puasa dan ibadah kita yang tinggal beberapa minggu ini aja. Cepet banget ya rasanya!!! Perasaan baru kemarin deh puasa pertama, eh.... udah mau lebaran lagi. huhuhuhuhu.

Jangan kotorin bulan yang penuh rahmat ini dengan tindakan-tindakan tercela. Sedih deh rasanya tiap nonton berita masih ada aja orang yang tega merampok, mencuri, membunuh, memperkosa dengan alasan yang tidak masuk akal. Ditambah para pedagang yang selalu berbuat curang. Ngasih formalinlah, daging busuklah, glonggongan dll. Jadi bingung mau makan apa.... hoohohohoho.

Well, selamat beribadah kawan.

:-)

Sunday, 29 August 2010

Nilai


Adik saya yang kelas 3 SD tiba-tiba teriak dari ruang tivi pada Ibu saya yang sedang sibuk di dapur. Tangannya dengan semangat memamerkan sebuah kertas, lalu adik saya itu berlari menuju dapur. Dengan bangganya dia bilang:

Adik Saya (AS): Bu,,,, nilai basa sundaku bagus dong!!!

Ibu Saya (IS): (wajahnya sumringah karena biasanya adik saya jarang dapat nilai bagus di pelajaran itu) dapet berapa dek?

AS (mamerin kertasnya): aku dapet LIMA

Ibuku cuma bisa diem. 

hehehehhee

Saturday, 28 August 2010

Teruskan lah,,teruskan lah....kau begituuuuuu


Selamat bermalam minggu wahai blogger sekalian. Semoga malam kalian menyenangkan yah... hehehehee. Malam ini juga menyenangkan setelah buka bersama dengan teman-teman kampus yang otaknya pada geser itu. Maklumlah, ketemu sih sering tapi jalan bareng sudah jarang banget. Dan, kita juga kedatengan tamu special yaitu bapak dosen kami baik hati dan temannya teman saya (hmmm,,, ribet gak bayanginnya? heheheheh). Yap, singkat kata, all of us enjoyed all the time we had spent together and little bit discuss bout our plan to built an association. What kind of association? Well, I will tell you if that's already fix. Kalau gembar-gembor sekarang takut gagal, wow... mau taro dimana muka imutkuu ini??????( yang mau muntah baca kalimat MUKA IMUTKU, saya persilahkan. haahhah). So, mending saya minta doa restunya aja deh. hehehehheeheh. SEMANGAT.

 Pasti sudah tahu dong kalau hidup ini harus terus berjalan? Apapun yang terjadi. Berat memang, tapi itulah kodrat manusia yang sudah ditentukan oleh Tuhan YME. Kita berusaha dan bekerja untuk menjadi manusia berkualitas di dunia ini. Nggak usah melihat apa yang orang lain kerjakan, tapi lihat apa yang sedang kita kerjakan lalu lakukan dengan kemampuan yang kita miliki secara maksimal sehingga bisa mendapat hasil yang terbaik. Contoh, kalau kita memutuskan untuk menjadi tukang bakso, jadilah tukang bakso yang terbaik sehingga bisa mengalahkan tukang bakso lainnya. Tidak perlu berpikir untuk mengalahkan dokter, insinyur, dll. Sebagai manusia, kita sudah punya tugas masing-masing dalam hidup ini. Hidup terlalu singkat bagi kita untuk memikirkan bagaimana enaknya tugas orang lain dibanding kita. Karena, hal itu hanya akan membuat kita sibuk dengan urusan lain dan membuat urusan yang menjadi kewajiban kita akan berantakan. 

Gimana kalau kita diprotes atau dikritik? Dengarkan dan saring yang baik untuk diri kalian. Ada baiknya, kalau kita menyendiri dan mengintrospeksi apa yang telah kita lakukan. Tanyakan teman apa kita benar seperti itu? Lalu, mulai benahi diri. Nggak perlu kita umumkan pada dunia kalau kita mau berubah, cukup itu menjadi rahasia antara kita dan Tuhan. Toh, Tuhan itu adalah Zat yang benar-benar adil dan bijak, sehingga Dia akan langsung memberika hukuman pada kita jika kita melalaikan tugas. So guys, tetap teruskanlah dan tetap percaya bahwa suatu hari nanti kita akan bisa jadi SIAPA-SIAPA walau hari ini, pukul ini, menit ini, detik ini, kita bukan SIAPA-SIAPA. Lama atau cepatnya, itu tergantung komitmen kita.

Kenapa omongan saya agak 'lempeng'? Mungkin akibat minum free goceng dari KFC itu ya...saya lupa namanya apa. hahahahahaha.

Akhir kata, tetep SEMANGAT kawan dan teruskanlah, teruskanlah . . . . .

Friday, 27 August 2010

Hallo dunia!!!!


Uh..... brapa taun sudah saya tidak mengupdate blog ini?? (histeris). Rasanya sudah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali, hehehehehe. Maklumlah aktivitas normal akan segera dimulai kembali, it's mean no bangun siang, no internetan pas masih belekan (kaya skrg), dan banyak hal lain dimusim libur yang ga akan bisa di lakuin lagi kalau udah beraktivitas normal seperti kemarin sebelum liburan.

Terasa banget deh, selama liburan ini saya lebih sering mengurus blog tercinta yang sebelumnya kurang terurus hingga tampak kurus (lho?!!). Bisa dilihat dari jumlah postingan yang membengkak di bulan agustus dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Jumlah follower juga lumayan banyak dibanding kemarin dan sekarang saya juga punya teman-teman blogger yang membuat saya bersemangat untuk memposting dan menulis karena melihat blog mereka yang luar biasa. *terdengar suara tepuk-tangan*

Kemarin itu saya berkumpul dengan mahasiswa kesmas dari univ lainnya. Dan waw, I really excited!!! Because, I met with another people from another univ who have much knowledge. That's nice!!! They also kind. Karena pulangnya terlalu malam sekitar jam setengah 8 sedangkan rumah sya di ujung berung dan jarak antara gedung tempat berkumpul ke arah gerbang itu jauhnya amit-amit. Kami meminta tolong pada mahasiswa Uhamka yang bernama deri untuk memesankan taxi buat kita. Nunggu, nunggu, nunggu, kok ga dateng2 juga yaa. Karena kita rada gak sabar juga serta waktu semakin malam, akhirnya saya dan kakak kelas saya pergi ke depan (jalan raya) dengan di bonceng teman saya. Gak lama, kita dapet taxi dan saat kita jalan mau masuk ke kompleks kampus, temen saya yang lain nelpon dan bilang kalau taxi yang di pesan ka Deri juga datang. Waduh!!! sedangkan saya dan kakak kelas saya sudah naik taxi juga. Kacau!!! Setelah agak debat antara saya, kakak kelas dan teman saya serta pak supir taxi yang saya naiki, temen saya akhirnya membayar charge taxi yang di bawa oleh ka deri dkk. Duh... It's make felt so a shame!!! Udah minta tolong, akhirnya malah ga jadi. Bener-bener nyusahin... huhuhuu.

Beruntung kaka-kaka itu baik dan gak marah sama kami (walau saya rasa mereka agak sebel juga, hihihi) yang udah bikin repot. huhuhu, semoga mereka gak kapok!!! :)

Intinya: kita HARUS SABAR!!!! hohohohohohoho

Wednesday, 25 August 2010

Maaf, Saya bukan penculik apalagi pencuri kambing

Dari judul itu sudah keliatan kan apa yang terjadi pada saya. Huhuhu, satu pengalaman menyedihkan tapi juga lucu dan rada memalukan. rrrrr!!!!

Dua hari yang lalu, teteh saya meminta saya untuk menemani dia ke daerah legok, Tangerang. Sekalian ngabuburit menunggu waktu buka puasa (padahal saya lagi gak puasa, hehe), saya setuju. Berhubung di daerah tempat tinggal saya sedang ada perbaikan jalan sehingga jalan yang memang berdebu semakin nambah debunya. Supaya terlindung dari debu yang tebelnya amit-amit cabang baby, saya memakai kacamata, jaket dan masker yang nutupin hidung. Begitu juga teteh saya, tapi dia gak pakai kacamata padahal yang bawa motor itu dia, bukan saya. Untuk menghindari macet, kita berdua akhirnya lewat jalan pintas yang lubangnya gak kalah banyak dan ternyata memutar lebih jauh di banding kalau lewat jalan utama. Singkat kata, saya pegel-pegel, pantat panas, kesemutan pula di tambah rambut juga jadi gimbal. Dengan bijaknya, kami berhenti di sebuah tempat yang entah namanya apa. Kita berhenti di pinggir tanah lapang, gak jauh dari tempat kami berhenti juga ada satu kompleks kuburan dan itu tempat sepiiiiiii banget. Saat kita berhenti, kebetulan ada segerombolan anak kecil yang lagi di asuh bapak-bapak. Pas ngeliat kami, bapak-bapak itu langsung manggil tuh anak-anak dan menggiring mereka pulang. Kita sih senyam-senyum aja ngeliatnya. Waktu udah nunjukin pukul 5.45, artinya sebentar lagi buka puasa. Kami celingukan, baru sadar kalau tuh tempat semakin sepi. Rada horor juga, karena banyak banget pohon bambu yang tumbuh di sekitar situ.

Tiba-tiba, entah gimana caranya, seorang bapak-bapak yang ganteng di zamannya muncul di dekat kami. Bapak-bapak itu berjalan sambil menenteng satu kardus aqua yang udah kosong. Waktu itu, teteh saya lagi ngetawain poni saya yang gak beraturan. Bapak-bapak itu lalu teriakin kami,
"Neng, ngapain di situ?"
Saya dan teteh saya celingukan, mencari makhluk lain yang di ajak ngomong sama beliau. "Nggak ngapa-ngapain,Pak." jawab teteh saya waktu sadar gak ada orang lain lagi selain kami.
"Nunggu temen." tambahku ngawur.

Kemudian, tuh bapak-bapak celingukan dan bilang, "Di daerah sini tuh lagi sering terjadi penculikan anak. Jangan-jangan neng lagi nyari ya?"
Saya dan teteh saya berpandangan, "Waduh, bukan pak,,, enggak. Kami bukan penculik."jawabku agak KESEL.
"Jangan buat orang curiga neng, kemarin juga kambing warga banyak yang ilang." tuh bapak-bapak natap saya dan teteh saya dengan curiga. WADUHHH. "Neng bukan penculikkan? Kalo emang bukan, cari tempat ramai aja sekalian, jangan berhenti di tempat sepi gini."nasehatnya lagi.

Setelah si bapak-bapak pergi, kita berdua masih bingung, kenapa-kami-disangka-penculik??? Salah kami juga kali yah, yang berhenti di tempat sepi kayak gitu. Huhuhuhuhuhuhuhu,

Tuesday, 24 August 2010

Aku Cinta Kamu


Punya seseorang yang sekarang lagi kamu sayangi tapi bosan kalau harus bilang AKU CINTA KAMU atau I LOVE YOU? Nih, saya dapat beberapa cara untuk I LOVE YOU dalam bahasa lain. Ini dia:

English – I love you
Afrikaans – Ek het jou lief
Albanian – Te dua
Arabic – Ana behibak (to male)
Arabic – Ana behibek (to female)
Armenian – Yes kez sirumen
Bambara – M’bi fea
Bangla – Aamee tuma ke bhalo aashi
Belarusian – Ya tabe kahayu
Bisaya – Nahigugma ako kanimo
Bulgarian – Obicham te
Cambodian – Soro lahn nhee ah
Cantonese Chinese – Ngo oiy ney a
Catalan – T’estimo
Cheyenne – Ne mohotatse
Chichewa – Ndimakukonda
Corsican – Ti tengu caru (to male)
Creol – Mi aime jou
Croatian – Volim te
Czech – Miluji te
Danish – Jeg Elsker Dig
Dutch – Ik hou van jou
Esperanto – Mi amas vin
Estonian – Ma armastan sind
Ethiopian – Afgreki’
Faroese – Eg elski teg
Farsi – Doset daram
Filipino – Mahal kita
Finnish – Mina rakastan sinua
French – Je t’aime, Je t’adore
Gaelic – Ta gra agam ort
Georgian – Mikvarhar
German – Ich liebe dich
Greek – S’agapo
Gujarati – Hoo thunay prem karoo choo
Hiligaynon – Palangga ko ikaw
Hawaiian – Aloha wau ia oi
Hebrew – Ani ohev otah (to female)
Hebrew – Ani ohev et otha (to male)
Hiligaynon – Guina higugma ko ikaw
Hindi – Hum Tumhe Pyar Karte hae
Hmong – Kuv hlub koj
Hopi – Nu’ umi unangwa’ta
Hungarian – Szeretlek
Icelandic – Eg elska tig
Ilonggo – Palangga ko ikaw
Indonesian – Saya cinta padamu
Inuit – Negligevapse
Irish – Taim i’ ngra leat
Italian – Ti amo
Japanese – Ai shi teru
Kannada – Naanu ninna preetisuttene
Kapampangan – Kaluguran daka
Kiswahili – Nakupenda
Konkani – Tu magel moga cho
Korean – Sarang Heyo
Latin – Te amo
Latvian – Es tevi miilu
Lebanese – Bahibak
Lithuanian – Tave myliu
Malay – Saya cintakan mu / Aku cinta padamu
Malayalam – Njan Ninne Premikunnu
Mandarin Chinese – Wo ai ni
Marathi – Me tula prem karto
Mohawk – Kanbhik
Moroccan – Ana moajaba bik
Nahuatl – Ni mits neki
Navaho – Ayor anosh’ni
Norwegian – Jeg Elsker Deg
Pandacan – Syota na kita!!
Pangasinan – Inaru Taka
Papiamento – Mi ta stimabo
Persian – Doo-set daaram
Pig Latin – Iay ovlay ouyay
Polish – Kocham Ciebie
Portuguese – Eu te amo
Romanian – Te iubesc
Russian – Ya tebya liubliu
Scot Gaelic – Tha gra’dh agam ort
Serbian – Volim te
Setswana – Ke a go rata
Sign Language – ,\,,/ (represents position of fingers when signing’I Love You’)
Sindhi – Maa tokhe pyar kendo ahyan
Sioux – Techihhila
Slovak – Lu`bim ta
Slovenian – Ljubim te
Spanish – Te quiero / Te amo
Swahili – Ninapenda wewe
Swedish – Jag alskar dig
Swiss-German – Ich lieb Di
Tagalog – Mahal kita
Taiwanese – Wa ga ei li
Tahitian – Ua Here Vau Ia Oe
Tamil – Nan unnai kathalikaraen
Telugu – Nenu ninnu premistunnanu
Thai – Chan rak khun (to male)
Thai – Phom rak khun (to female)
Turkish – Seni Seviyorum
Ukrainian – Ya tebe kahayu
Urdu – mai aap say pyaar karta hoo
Vietnamese – Anh ye^u em (to female)
Vietnamese – Em ye^u anh (to male)
Welsh – ‘Rwy’n dy garu
Yiddish – Ikh hob dikh
Yoruba – Mo ni fe
 
langsung aja praktekin sama orang yang kamu suka, mudah-mudahan bisa jadi poin plus di mata dia karena ternyata kamu makin pintar. hehehehehehe, ^^. Oia, dari bahasa-bahasa itu mana menurut kamu bahasa yang paling romantis untuk bilang AKU CINTA KAMU selain bahasa inggris??
*for my mom and my dad: Ich lieb di. :)