Pages

Thursday, 19 August 2010

Bisa Bikin Sehat Loh....


Saat sedang 'berjalan-jalan' di dunia ma' ya, saya tiba-tiba tertarik dengan satu judul yang lumayan centil karena ngedip-ngedipin matanya supaya saya tertarik untuk baca. Judulnya:  

8 Rahasia Sehat Dr.Oz

anda pasti bertanya-tanya, siapa sih Dr. Oz itu?

well, bagi yang belum kenal, yah kita kenalan dulu yuk. Kan orang-orang keluaran jaman dulu bilang kalo tak kenal maka tak sayang. Hehehehe.

*setuju kan kalo saya bilang dokter ini ganteng?hehehhe*

Ok, dokter ini mulai menyapa dunia pada tanggal 11 juni 1960 dengan nama lengkap Mehmet Cengiz Oz. Dokter yang lahir di Cleveland, Ohio ini adalah seorang keturunan Turki. Nggak heran deh kalau hidung mancungnya nggak terlalu berlebihan seperti orang-orang barat kebanyakan *celingak-celinguk nyari bule* hehehe. 

Dokter ini sering banget nongkrong di acaranya Oprah Winfrey dan si dokter ini juga jago banget kalau harus menjelaskan suatu penjelasan medis yang ngejelimet menjadi sesuatu yang mudah untuk dipahami dan nggak bikin pusing. 

Di KOMPAS.com, Dokter ini berbagi tips rahasia kesehatan untuk kita. Apa aja sih?? Nih, saya berbaik hati mengcopy-paste-kan untuk anda sekalian. Here we go!!!

1. Tertawa
Tertawa bukan cuma mengurangi stres tapi juga membuat hubungan sosial lebih erat. Manfaat lainnya? Menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, jadikan humor sebagai bagian dari hari-hari Anda.

2. Sarapan
Penuhi piring nasi Anda dengan bahan makanan mengandung serat. Kandungan serat yang terdapat dalam menu sarapan akan membuat Anda tidak mudah merasa lapar di siang hari. Sarapan di pagi hari juga akan membuat metabolisme tubuh lebih aktif sepanjang hari. Ini sebabnya orang yang rutin sarapan memiliki tubuh lebih langsing dibanding mereka yang merapelnya pada menu makan siang.

3. Rebahkan kepala
Memang banyak tayangan menarik di malam hari, tapi rasanya sayang jika Anda harus mengorbankan waktu untuk beristirahat. Tidur 7 jam setiap malam bukan hanya membuat panjang umur, tapi juga menurunkan kadar stres, mempertajam ingatan dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Tengoklah ke bawah
Jangan terburu-buru menekan tombol flush di kloset Anda. Sesekali tengoklah bentuk tinja karena bisa mencerminkan kesehatan pencernaan Anda. Menurut dr.Oz, tinja seharusnya lunak dan berbentuk mirip huruf S, seperti bentuk usus. Bila terlalu padat dan keras, berarti Anda menderita konstipasi atau sembelit. Perbanyak serat dan penuhi kebutuhan cairan Anda.

5. Variasi warna
Makanan berwarna cerah dan kaya warna bukan cuma enak dilihat tapi juga mengandung banyak flavonoid dan karotenoids, jenis antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Makanlah minimal lima jenis sayur dan buah dengan warna bervariasi setiap hari.

6. Bergabunglah dengan kelas yoga
Ada banyak manfaat dari melakukan yoga setiap hari, mulai dari mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung dan meningkatkan fleksibilitas. Memang beberapa pose atau gerakan yoga terlihat aneh dan sulit dilakukan, tetapi sebenarnya tak sulit mempelajarinya. Bagi Anda pecinta olahraga, yoga akan mengurangi risiko cedera akibat latihan.

7. Carilah teman
Ingin tahu mengapa wanita hidup lebih lama daripada pria? Alasan utamanya adalah wanita lebih suka berteman dan sering berbagi masalahnya. Karena itu, bila Anda suka menyimpan stres dan masalah, Anda akan lebih cepat menua. Dengan perhatian, dukungan dan cinta dari orang lain, penuaan bisa diperlambat.

8. Hindari diet
Rahasia untuk mengurangi berat badan bukanlah dengan menghindari karbohidrat, lemak, atau protein. Hal paling nyata yang bisa dilakukan untuk mengurangi jarum timbangan adalah dengan mengurangi asupan kalori sekitar 100 kalori setiap hari. Memang kecil, tapi jika konsisten dilakukan Anda bisa mengurangi berat badan hingga 5 kilogram dalam satu tahun.

Gimana, Ok nggak tips yang Dr. Oz kasih??? Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

 

4 comments:

siroel said...

emang mantep nih dr. oz... saya suka bgt klo dia lg ngejelasin sesuatu...keren...

Nuylicious said...

HEHEH....bener2 tp sebelnya skrg saya sering ketinggalan acaranya oprah..ugghhh!!!! huhuhuhu,
harus banyak berteman biar sehat!!!huhu

rahad2six said...

banyak2 ketawa tuh..
paling asik menurutku..
hahahahahahaha

mas kholiq said...

mantap tipsnya bermanfaat