Pages

Sunday, 7 August 2011

Kompor Gas dan Sahur

Selamat malam blogger sekalian, pasti udah buka puasa kan? Semoga puasa hari ini di berkahi Allah SWT ya, amin :)
Sebagaimana yang kita tahu, puasa itu artinya menahan lapar dan haus dari waktu imsak (menjelang subuh) hingga maghrib tiba. Wah, kalau dibayangin menyeramkan juga ya, gimana kita beraktivitas tanpa makan dan minum selama hampir kurang lebih 12 jam. Lemes dan lelah pastinya. Untuk mencegah itu, sebelum berpuasa di anjurkan dulu makan yang lazim disebut sebagai sahur. Bangun untuk makan sahur sangat butuh perjuangan. Bayangkan saja, harus bangun ditengah pagi buta hanya untuk makan. Di luar bulan puasa saja, supaya bisa bangun jam 5 pagi, ibu saya harus mati-matian bangunin saya. Heheheheh, Gimana pas puasa ini. Untungnya, selama sahur di tivi banyak sekali acara-acara yang seru, setidaknya cukup bisa ngusir rasa kantuk yang menyerang (nggak jarang saya makan sambil merem melek, hehehe). Acara tivi favorit saya adalah acara SKS yang tayang di Trans TV karena ustad Maulana-nya, (yes, saya suka sekali sama beliau! :D ).
Beberapa hari yang lalu, ada kejadian lucu dirumah. Seperti biasa, jam 3.45 ibu saya membuka pintu kamar saya lebar-lebar karena ini salah satu cara ampuh untuk membuat saya setidaknya 'melek' meski sedikit. Tidak seperti biasanya, ibu saya memasang tampang bersalah sambil menatap saya dari ambang pintu dan berkata, "Kak, hari ini saur seadanya aja ya. Gas-nya abis, ibu jadi nggak bisa masak dan cuma ada tempe goreng aja yang tersisa, ayam gorengnya tinggal satu buat adik kamu."
Saya yang saat itu masih setengah sadar pasang senyum ke ibu saya, sambil ngacungin jempol saya berkata, "Sip Bu."
Akhirnya, hari itu saya, adik pertama saya, ayah dan ibu kita makan saur berlauk tempe goreng sedangkan adik bungsu saya makan berlauk ayam goreng sambil di suapi oleh ibu.Saya nggak sangka, ibu saya segitu ngerasa bersalahnya sama anak-anak cuma karena nggak ada lauk selain tempe goreng. hehehhehe. Dan, untuk ngurangin rasa bersalahnya, ibu ngebeliin kami -- anak2nya-- ayam goreng di resto cepat saji buat menu buka puasa dan si ayah, ngebeliin kita Tongseng, wah.... mantap! hahahahaha. :D

1 comment:

Bekti said...

Hehe... pernah juga tuh kehabisan gas waktu masak. Ga enak banget deh, apalagi waktu itu baru goreng-goreng. Hiuf... minyak pada langsung meresap dimakanannya itu, hmm...

Btw, met menunaikan ibadah puasa yaa... Oh ya, blognya sudah aku link :)