Pages

Friday, 4 November 2011

KUTEMUKAN JALANKU


ku sudah jatuh terlalu dalam pada kecintaanku tentang menulis. Entah dimulai sejak kapan, tapi aku sangat suka menulis. Dari mulai iseng menuliskan unek-unekku, puisi hingga cerpen. Aku yang bawel dan tidak bisa diam akan sangat anteng bila sudah berhadapan dengan buku catatanku. Berjam-jam bisa kuhabiskan hanya untuk menulis. Tak peduli tanganku yang terasa pegal setelahnya atau penebalan kulit diruas jari manisku. Kalau kata orang, ketika pacaran dunia terasa milik berdua, maka dalam kasusku ketika menulis dunia terasa milikku sendiri.
Tapi, ternyata hidup ini tidak selalu semulus jalan tol. Kemampuanku menulis tidak seimbang dengan pengetahuanku mengenai sebuah tulisan yang baik. Aku menulis hanya berdasarkan intuisi dan belajar sendiri dengan melihat tulisan-tulisan di majalah. Tentu hal itu belum cukup. Kemampuan tanpa pengetahuan yang memadai itu membuatku tak percaya diri untuk mengikuti lomba atau mengirim naskah ke media. Takut ditolak. Itu momok terbesar bagiku. Ketika itu aku membuat suatu keputusan untuk melakukan sambil berjalan. Bahasa kerennya doing by learning. Aku mulai membuat blog dan mengisinya dengan karya-karyaku. Kemudian tak lupa memanfaatkan fasilitas “notes” di FB yang kini sudah dipenuhi tulisan-tulisanku. Lagi-lagi aku merasa itu tak cukup. Ditambah lagi banyak teman-teman memanggilku “Penulis.” Jika orang akan bangga dengan sebutan itu, aku justru merasa terbebani. Siapa aku hingga disebut penulis? Karya-karyaku tak banyak dikenal orang. Belum ada yang masuk media. Pekuter alias penulis kurang terkenal, mungkin cocok untuk diriku.
Bermula dari keinginan untuk bergabung pada suatu komunitas kepenulisan, aku menemukan alamat web Writting Revolution. Kucetak artikel tentang cara pendaftaran hingga keuntungan yang bisa kudapatkan jika bergabung disana. Pada bulan Ramadhan itu aku yakin, jika Writting Revolution adalah wadah yang selama ini kucari. Tempatku berlabuh bersama tulisan-tulisanku. Tempat aku mendapat kritikan sekaligus saran dan juga keluarga. Tempat indah di dunia maya yang tanpa mantera bisa membuat para anggota dekat seperti di dunia nyata. Dari komunitas ini aku merasa menemukan hidup dan jalanku. Sebuah jalan dimana aku akan meninggalkan jejak-jejak tulisan hingga suatu hari aku dapat menggapai mimpi terindahku. Terima kasih Writting Revolution!


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Penulis adalah seseorang yang terlahir dengan nama Ugahari Nurul Utami di Jakarta pada 30 November 1990. Dikalangan teman-teman lebih dikenal dengan nama Unu tapi khusus di dunia tulis menulis lebih ingin dikenal sebagai Ugahari. Cewek yang cinta pada novel, cerpen serta karya-karya fiksi lainnya ini mampu duduk berjam-jam didepan komputer hanya untuk blogging di blog pribadinya (hasilimajinasiku.blogspot.com) dan membuat catatan di akun FB pribadinya (ugaharinurul@yahoo.com). Penulis yang tinggal di Parungpanjang ini berharap dapat membuat orang tuanya bangga dengan kemampuannya menulis.


FTS Spesial Ultah WR Pertama: Menggapai Impian Bersama Writing Revolution
DL: 05 November

1) Tema: Menggapai Impian Menjadi Penulis Hebat Bersama Writing Revolution.
2) Khusus hanya untuk anggota Writing Revolution (SMCO, SMPO, SMAO dan SMNO).
3) Semua FTS Spesial Ultah WR yang menarik dan menginspirasi akan dibukukan secara indie sebagai kado istimewa ultah WR. Semua royalti dari hasil penjualan buku dipergunakan untuk hadiah iven lomba WR selanjutnya.
4) Kriteria penulisan naskah: maksimal 350 kata, biodata narasi 80 yang ditulis di bagian bawah tulisannya.
5) Naskah WAJIB dipublikasikan/ditulis di Note/Catatan FB atau Blognya dengan mencantumkan logo WR. Untuk mendapatkan logo WR silakan klik link ini lalu klik kanan gambarnya (pilih Save Image As... untuk memindahkan ke laptop/komputernya): http://2.bp.blogspot.com/-R3_-y3czC5I/Tpes1UviplI/AAAAAAAAAoI/F9Bksquj354/s1600/Logo+Writing+Revolution.jpg
6) Tulis di judul Note atau Blog kamu: FTS Spesial Ultah WR-Judul Tulisan
7) Dewan juri akan memilih 5 FTS paling inspiratif yang akan mendapatkan hadiah buku antologi FTS Spesial Ultah WR dan e-sertifikat.
8) Copas link Note/catatan FB atau Blog kamu ke bagian komentar (Dokumen ini) untuk didata. klik link ini: http://www.facebook.com/groups/writingrevo/doc/285882018109209/
9) Koordinator: Anung D'Lizta dan Fransiska S Manginsela.

Alhamdulillah, Writing Revolution (WR) genap berusia 1 tahun pada tanggal 10 November ini. Berawal dari keinginan berbagi pengalaman dan teknik menulis cerpen bagi adik-adik FLP Riau waktu, tercetus ide untuk membuka sekolah menulis online (mulai berjalan 19 Desember 2010). Antusiasme yang di luar dugaan, 12 hari sejak dibuka pendaftaran pertama tercatat ada 64 peserta SMCO. Mereka ini angkatan sulung sekolah menulis online WR, dan subhanallah mereka sungguh telah menunjukkan sebagai kakak tertua yang hebat dengan berderet prestasi yang mereka ukir termasuk sebagai pemenang pertama dan ketiga Lomba Cerpen Remaja I WR. Luar biasanya, pada pembukaan pendaftaran angkatan kedua, Januari 2011, ada 210 orang yang mendaftar. Sungguh sambutan yang begitu dahsyat yang rata-rata mereka adalah penulis pemula yang bersemangat untuk mengasah keterampilan dan kemampuan menulisnya.

Memasuki bulan kesepuluh sejak pembukaan sekolah menulis online WR, sudah ada 1100 orang peserta. Sebuah kebanggan dan prestasi bagi semua warga WR yang semakin eksis dalam memberikan sumbangsih untuk membangun peradaban Indonesia lebih maju. Dalam umur yang masih sangat belia ini, warga WR sudah dan akan terus memberikan sumbangan pemikiran dari tulisan-tulisannya untuk memberikan inspirasi bagi pembaca di Tanah Air.

Semoga visi dan impian kita untuk bisa melahirkan 1 juta penulis hebat berkarakter kuat bisa terwujud untuk membangun peradaban demi menjadikan Indonesia lebih bermartabat di mata dunia.

Salam Penulis...!
Semangattt Pagiii...!



3 comments:

al kahfi said...

kepengen sih menjadi penulis hebat yg membuat tulisan berkarakter dan mempuyai visi yg kuat dan menginspirasi tentunya

Sang Cerpenis bercerita said...

sip sip. tks infonya ya...

panduan belajar blog said...

saya sudah follow blog ini mbak. ditunggu ya follow baliknya.