Pages

Tuesday, 29 November 2011

Wanita dan Pria Hebat

"Si Aby banyak yang ngejar-ngejar ya," kata Sita sambil matanya sesekali melirik Aby yang siang itu sedang duduk bersama Virni di meja kantin.
Sahabat Sita -Kleo- hanya melirik sekilas tanpa minat. "Terus kenapa emang?"
"Hebat aja." Sahut Sita singkat. 
Kleo mengernyitkan keningnya, heran. 'Hebat? Apanya yang hebat?' pikir Kleo dalam hati.  
Seperti mampu membaca pikiran Kleo, Sita melanjutkan kalimatnya, "Hebat dong, Kle, dia banyak di kejar cewek-cewek. Artinya, Aby punya karisma dan chemistri tersendiri. Keren dah pokoknya."
Kleo hanya mengangguk.

***

   Pembicaraan Kleo dengan Sita siang tadi di kantin sekolah, rupanya membuat terbawa oleh pikiran Kleo hingga kerumah. Tak tahan menahan gelitik-gelitik di alam pikirannya, Kleo mendekati Ibunya yang sedang mengurus bunga-bunga anggrek di halaman belakang.
"Bu ..." panggil Kleo.
Ibunya menoleh, menatap putri bungsunya dan tersenyum, "Kenapa, Kle?"
"Kle mau tanya dong..." rajuk Kleo manja.
"Tanya apa sayang?"
"Laki-laki yang hebat tuh gimana sih, Bu?"
Sang Ibu menatap Kleo hangat. Ia beranjak dari kesibukannya menyiram anggrek dan kemudian duduk di samping Kleo. "Tumben kamu tanya hal seperti itu, Kle. Ada apa?"
   Kleo meneguk teh yang sebenarnya milik Ibunya. Gadis manis berkulit hitam itu lalu menceritakan obrolannya dengan Sita ketika di kantin sekolah siang tadi
Ibunya tersenyum penuh arti ketika menyadari bahwa sang putri yang amat di sayanginya itu tengah tumbuh dewasa dan perlu arahan darinya. Dengan mata menerawang ke arak-arakan awan putih, Ibunda Kleo menjawab, "Lelaki hebat itu tidak diukur dari banyaknya perempuan yang gonta ganti menjadi pasangan atau pacarnya. Tetapi, seorang lelaki bisa dikatakan hebat jika ia mampu memikirkan hanya satu orang perempuan dalam hidupnya. Jadi, kamu jangan salah menilai, nak." Ibu mengalihkan pandangannya dari arak-arakan awan untuk menatap mata bening Kleo. "Begitu pula dengan perempuan hebat," lanjutnya. "Perempuan hebat itu bukanlah perempuan yang banyak pacar atau banyak yang mendekati, tetapi perempuan hebat itu adalah seorang perempuan yang mampu membuat laki-laki tidak bisa memikirkan wanita lain di luar dirinya."
"Jadi laki-laki yang berganti-ganti pasangan, bukan lelaki hebat dong, Bu?"
"Iya, begitulah Nak."
"Kalau untuk perempuan hebat, memang ada Bu sosok yang seperti itu?"
  Ibu membelai rambut hitam Kleo penuh arti, "Tentu saja ada, Nak. Kamu pasti tau Kleopatra. Dia adalah sosok wanita hebat itu. Ibu memberimu nama seperti itu sebagai doa supaya kamu mejadi wanita hebat."
Kleo menatap Ibunya senang. Rasanya ia lega telah mengetahui lelaki macam apa yang pantas ia sebut HEBAT.

6 comments:

al kahfi said...

ini fiksi saja kah mbak,,

Andy said...

semoga nama itu kelak bisa menjadi apa yang diharapkan oleh sang ibu ya,amien

Sang Cerpenis bercerita said...

cerpennya oke juga nih.

Belajar Photoshop said...

sebuah pemikiran luar biasa !!!
sama halnya dengan konsep keperawanan kalau begitu :(

Gaphe said...

pandangan gadis kecil dan seorang ibunda tentang laki-laki yang hebat itu bisa berbeda yah?.

dulu pernah baca satu jokes : lelaki hebat adalah yang ganteng, kaya, mapan, dan sukses.. sedangkan wanita yang hebat adalah yang berhasil mendapatkannya. hehehe

Yayack Faqih said...

ceritanya anak muda bgt yah hehe ini tulisan bsa jadi bahan buat di jadikan novel apa itu fiksi atau kenyataan :)