Pages

Sunday, 11 November 2012

Kedua



“Sori, gue telat.” Ujarnya terengah.
“Lo gak telat.”
“Ha?” dia mendongak tidak mengerti.
“Tapi, telat banget.” Gue memberi tekanan lebih di kata Banget.
 “Sori, Rin… tadi Mia ke kampus gue.”
Gue terkesiap mendengar satu nama itu disebut. Seperti tersengat listrik, gue memandangi dia terang-terangan.
Dia pun menyadari tatapan gue yang begitu intens. “Ma… maaf… Gu…”
“Dua hari lalu, lo janji mau mutusin Mia. Kenapa dia masih nyambangin elo kekampus?!” Bentak gue.
“Gue udah mutusin, Mia, Rin… sumpah!”
“Dan, dia masih nyamperin lo kekampus?!” gue narik nafas susah payah, dada gue sesak. “Emang lo kira gue TOLOL?! Belum putus kan elo sama dia?! Hah! Ngaku deh!”
gue udah putusin Mia. Tiba-tiba aja dia nongol di kampus dan teriak kalo.. kalo…”
“Kalo APA?!”
“Kalo dia masih sayang gue, minta balik, terus…”
“Terus lo berdua balikan dan lo nyamperin gue kesini buat ngedepak gue, mutusin gue, GITU KAN? BAJINGAN lo emang!”
“Rin.. Maafin gue…”
“Basi lo. Tai!” gue keluar dari kafe itu. Tempat dimana gue terlihat tolol.
Tiba-tiba aja gue ada disini. Gue sendiri kaget, kenapa bisa berdiri didepan sebuah Resto. Gue gak laper padahal. Tapi kaki gue serasa kepantek, gak bisa pergi.
Sosok yang gue kenal dan selalu gue cari mendadak muncul dengan kostum kebanggaannya. Baju dan celana serba putih serta tulisan kecil tapi cukup jelas di dada kirinya ‘Chef Teguh’. Dia berdiri diujung tangga pintu masuk. Tertegun melihat kehadiran gue yang tiba-tiba.
“Arin?” Teguh menuruni tangganya satu per satu dengan sikap hati-hati. “Elo… elo ngapain ada disini? Malam ini lo ada acara sama Robi, kan?”
Gue nunggu sampai Teguh tepat ada dihadapan gue, lalu, “Robi balikan sama Mia dan dia… mendepak gue gitu aja, Guh.” Tangis gue kemudian merebak didalam pelukan Teguh yang hangat.
Bibirnya lembut berkata, “Gue udah bilang sama lo supaya lo gak gitu aja percaya sama omongannya Robi, tapi lo malah gak dengerin gue dan setuju jadi cewek keduanya dia.”
“Waktu itu gue berpikir kalo di dunia ini gak ada orang yang sayang kegue setulus Robi makanya gue mau sama dia, Guh…”
Helaan nafas Teguh yang berat terasa hangat ketika mampir dibelakang tengkuk gue. “Banyak yang sayang sama lo, Rin. Hanya aja lo gak pernah sadar, lo Cuma buka mata lo tapi hati lo ditutup. Lo Cuma lihat manis ucapan tanpa ngerasain itu tulus atau gak. Akhirnya, lo gagal nemuin orang yang tepat seperti idaman lo…”
Gue bebasin badan gue dari pelukannya. Pertanyaan itu kemudian meluncur, “Coba sebutin satu orang yang sayang sama gue, Guh.”
 “Gue, Rin… Gue selalu sayang sama lo gimana pun elo…”
 “Tapi kenapa lo gak pernah bilang, Guh?”
Teguh tertawa, “Gue bukan tipe, lo, Rin… lo selalu terpukau sama cowok yang megang bola basket, gitar, drum atau apapun yang sebut keren. Lo gak mungkin tertarik sama gue yang tiap hari berhadapan sama panci, minyak, bahan makanan, numis, goreng, nyajiin makanan.”
Hening. Teguh melanjutkan lagi, “Gue gak mau jadi seseorang yang bukan gue Cuma untuk buat lo jatuh cinta sama gue, Rin…”
“Chef itu cita-cita lo dari kecil kan?”
“Iya. Mungkin gue egois tapi gue gak bisa ngubur impian gue, harta terbesar gue hanya untuk seseorang. Gue gak pernah bisa begitu…”
“Guh, gue gak keberatan atas impian elo. Apapun itu.”
Teguh memandang gue, matanya menatap gue dalam, “Lo gak perlu memaksakan apapun, Rin. Saat ini hati lo lagi terluka, sembuhin luka itu baru buka lembaran baru. Gue bakal bantu untuk nyembuhin itu dengan masakan gue, gratis, buat lo.”
Gue tersenyum, lalu perlahan gue ngakak mendapati mata gue dan Teguh berpandangan sedemikian rupa. Tawa gue baru berhenti saat menyadari keteduhan dimata Teguh, keteduhan yang membuat gue ingin lebih lama lagi berada disana…

No comments: