Pages

Saturday, 12 January 2013

PUSAR

Penasaran sekaligus bingung tiap saya bercermin dan memandangi satu bagian tubuh yang sering disebut sebagai Pusar. Iya bingung, karena memikirkan apa sebenarnya fungsi benda satu itu selain menjadi penghubung antara Ibu dan bayinya selama masa dalam kandungan.

Ibu saya pernah marah, ketika dia melihat saya yang membersihkan pusar. Katanya, kalo dibersihkan nanti bisa bikin bolak-balik pipis. Saya nurut sambil mengerutkan kening, apa hubungannya? tanya saya dalam hati.

Maka, dengan rasa penasaran yang semakin memuncak, serta karena pertanyaan saya tidak diberikan jawaban yang memuaskan oleh teman saya, akhirnya saya menggantung harapan pada Eyan Google tercinta. Dimulailah pencarian suci, dengan niat tulus murni agar lebih dapat menghargai bagian tubuh itu, saya terlusuri penjelasan mengenai Pusar yang ada.

Bagi yang tidak tahu pusar apa sekaligus saya percaya semua pasti tahu, silahkan angkat pakaian anda dan lihat ada sesuatu menyerupai cekungan mengkerut seperti yang sering kita dapatkan diujung balon setelah diikat. Itulah Pusar. Disadari atau tidak, letak Pusar berada tepat ditengah-tengah tubuh sehingga sering dijadikan patokan dalam menemukan serat otot dalam melakukan pembedahan.

Secara langsung, dalam proses metabolisme, Pusar memang tidak memiliki peran langsung. Namun, Pusar sebagai pengatur elemen api didalam tubuh, atau lebih halus dijelaskan sebagai pengatur pergerakan hormon panas tubuh mengatur kelenjar pankreas dan adrenal, mengatur organ hati, kantung empedu dan lambung. Selain itu, Pusar juga merupakan titik tumpu kekuatan tubuh kita. Selalu, kita akan mengencangkan otot perut ketika akan mengangkat beban berat. Kontraksi tersebut memiliki kaitan dengan Pusar.

Tepat dibagian bawah Pusar kita adalah perut yang melupakan elemen air atau dingin dalam tubuh. Mengatur fungsi ginjal, air, dan hormon dalam tubuh. Hal ini menyebabkan bila Pusar kita lemah, maka panas didalam tubuh akan kalah dengan unsur air sehingga berbahaya dan dapat mengakibatkan kita menderita panas dalam. Lemahnya pusar juga dapat menyebabkan darah menjadi dingin sehingga mudah membeku.

Sebuah fakta mencengangkan dari hasil penelusuran saya di Google atau karena memang saya tidak tahu makanya tercengang, fakta itu mengatakan bahwa Pusar merupakan pusat dari keberanian kita. Strees, rasa takut, mual ketika akan kepentas, demam panggung, grogi saat ketemu gebetan atau mantan pacar, merupakan reaksi-reaksi yang terjadi akibat respon yang diberikan pusar. Katanya, Pusar yang lemah dapat mempengaruhi sikap penakut kita, atau sebaliknya karena penakut, Pusar cenderung menjadi lemah.

Dari sekelumit bacaan yang saya dapatkan, kita sama-sama dapat mengambil kesimpulan bila Pusar meski bentuknya tidak seelok bagian tubuh lain, memiliki fungsi yang sama vitalnya dengan bagian tubuh lain. Maka, jangan sepelekan keberadaan Pusar. Jagalah Pusar anda dengan baik, dengan tidak membersihkannya, menindiknya, dan menjaganya untuk tetap hangat.

4 comments:

Riesna Kurnia said...

hai hai.. akhirnya main2 juga ke sini.. ilmu nih, baru tau pusar ternyataa... :D

anotherorion said...

itu kenapa klo mabok perjalanan pusarnya sering ditempelin koyo

anotherorion said...

dalam beberapa jenis ilmu beladiri, pusar juga sering dianggap pusat tenaga mbak

Ahmad Fauzan said...

Siapa bilang pusar tidak seelok bagian tubuh lain. Setauku, film India akan redup jika penari-penarinya tidak memperlihatkan pusar mereka.

#fakta baru yang tidak akan kamu temukan di google

:D