Pages

Saturday, 2 January 2016

MENGAWALI TAHUN 2016

Selamat pagi di hari kedua bulan januari 2016.

Apa yang kamu lakukan diawal tahun 2016? Tidur sampai siang karena lelah berpesta semalaman? Hehehehe. Oke, oke, saya gak mau ngejudge orang. Masih terlalu pagi buat bikin orang bete baca postingan saya ✌.

Awal tahun ini saya ngerasa lebih baik jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang penuh drama kolosal bak Angling Dharma. Saya bisa bilang lebih baik karena kemarin pagi, saya kembali melakukan ritual yang dulu kerap dilakukan tiap pergantian tahun tapi saya lupakan. Bukan pesta kembang api, bakar-bakaran, apalagi balapan, melainkan membuat resolusi.

Yes, di tahun 2015 saya gak buat resolusi satu pun. Prinsipnya hanya, di tahun itu saya berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Klise. Tidak ada target pencapaian, rencana-rencana juga motivasi. Cuman, go with the flow aja. Dan, rasanya gak banget, penuh kebingungan, labil. Baiknya, dari tidak melakukan tradisi tersebut, saya jadi tahu bahwa hal itu ternyata penting bagi saya pribadi. Sebab, dari situ, meski pada akhirnya setelah dievaluasi tidak semua tercapai, namun kita punya tujuan pasti mengenai apa yang akan dilakukan dan diinginkan. Tanpa target dan tujuan yang jelas bikin kita ngejalanin hari seperti mengambang, ngapung gak jelas arah, tergantung kepada angin maunya apa.

So, akan lebih baik jika kita setiap tahun membuat resolusi, target, pencapaian atau apapun itu namanya sebagai motivasi diri. Gak perlu banyak-banyak yang penting spesifik. Hindari resolusi klise seperti:

1. Menjadi orang yang lebih baik.
Bukannya gak boleh. Tapi menurut saya, kalimat diatas masih terlalu general. Banyak orang yang ingin jadi lebih baik, tapi tidak tahu harus bagaimana. Buatlah spesifik, seperti: Datang tepat waktu ketika janjian, rutin tahajud tiap malam, khatam alquran. Hal-hal tersebut merupakan target atau resolusi yang dapat membentuk kita sebagai sosok yang lebih baik.

2. Berguna untuk lingkungan.
Alangkah lebih baik jika ditulis: Tidak lagi membuang sampah sembarangan, membentuk karang taruna, membuat koperasi, dll. Sebutkan kegiatan atau langkah spesifik yang bisa menjadikanmu sebagai orang yang berguna untuk lingkungan.

Kenapa perlu kalimat spesifik?
Melalui kalimat spesifisik itu akan memudahkan kita dalam menentukan langkah. Jadi, gak lakuin semua hal namun hasilnya nihil.

Nah, teman-teman mari kita buat resolusi untuk tahun 2016. Semoga semua dapat tercapai dengan baik.

Selamat pagi!

No comments: